Cara membersihkan komedo bisa pakai 5 bahan alami ini

Jumat, 16 Juli 2021 | 08:17 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cara membersihkan komedo bisa pakai 5 bahan alami ini

ILUSTRASI. Ada banyak cara membersihkan komedo yang bisa Anda jadikan pilihan.


KECANTIKAN - JAKARTA. Sama seperti jerawat, komedo adalah salah satu masalah kulit yang sering dimiliki oleh banyak orang. Jika Anda mengalami masalah yang sama, cobalah beberapa cara membersihkan komedo. Salah satunya dengan memanfaatkan bahan alami.

Komedo muncul akibat pori-pori kulit yang tersumbat. Nah, oksidasi oksigenlah yang membuat komedo berwarna hitam. Anda perlu membersihkan pori-pori kulit secara menyeluruh supaya komedo hilang dan kesehatan kulit terjaga.

Perlu diingat bahwa bahan alami ini perlu Anda coba dulu, ya. Apabila tak ada reaksi alergi yang muncul, Anda bisa melanjutkan pemakaian. Menggunakan bahan alami ini dengan pengawasan dokter juga bisa jadi salah satu pilihan yang baik.

Madu dan Susu

Madu dan susu merupakan salah satu kombinasi yang efektif membersihkan komedo, lo. Mengutip dari India.com, madu mengandung antibakteri. Di sisi lain, susu mengandung asam laktat dan nutrisi lain yang baik untuk kesehatan kulit.

Anda perlu mencampur 1 sdm madu dengan 1 sdt susu terlebih dahulu lalu hangatkan dalam microwave selama 5-10 detik. Setelah teraduk rata, aplikasikan pada area kulit yang berkomedo kemudian tutup dengan kapas. Diamkan selama 15-20 menit lalu bersihkan masker tersebut.

Baca Juga: 7 Bahan Alami Sebagai Cara Menghilangkan Daki

Cuka Apel dan Mint

Cara membersihkan komedo berikutnya adalah dengan memanfaatkan cuka apel dan mint. Kombinasi bahan alami itu akan membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit, mencegah inflamasi atau peradangan, dan mengencangkan kulit.

Pertama, campur 3 sdm cuka apel dan 3 sdm daun mint yang yang sudah dipotong kecil-kecil dalam sebuah botol. Simpan dulu di tempat dingin selama seminggu kemudian saring. Tambahkan satu gelas air dalam cuka apel yang sudah disaring lalu gunakan pada malam hari setelah Anda mencuci wajah.

Baca Juga: Pakai bahan alami, inilah 4 cara menghilangkan komedo

Kayu Manis dan Madu

Cara membersihkan komedo bisa menggunakan madu dan kayu manis.

Selain dikombinasikan dengan susu, India.com merekomendasikan madu dicampur dengan kayu manis. Kayu manis mampu meningkatkan aliran darah sehingga tak hanya membuat komedo hilang, tapi membuat warna kulit lebih cerah.

Caranya, campur kayu manis dan madu dengan perbandingan yang sama. Setelah itu, aplikasikan pada kulit lalu timpa dengan kapas. Diamkan selama lima menit kemudian bersihkan masker. Lanjutkan perawatan kulit dengan memakai pelembab yang biasa Anda gunakan.

Selanjutnya: 4 Bahan ini cocok dijadikan cara menghilangkan komedo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru