Cara Membersihkan Panci & Wajan Gosong Secara Mudah, Pakai Baking Soda, Cuka dll

Sabtu, 21 Mei 2022 | 13:36 WIB Sumber: Kompas.com
Cara Membersihkan Panci & Wajan Gosong Secara Mudah, Pakai Baking Soda, Cuka dll

ILUSTRASI. Cara Membersihkan Panci & Wajan Gosong Secara Mudah, Pakai Baking Soda, Cuka dll


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Cara membersihkan panci, wajan dan alat masak lain yang gosong membutuhkan trik khusus. Dengan cara ini, Anda bisa membersihkan panci, wajan dan alat masak lain yang gosong secara mudah.

Salah satu hal yang mungkin menjengkelkan saat membersihkan alat masak adalah saat membersihkan wajan atau panci yang menghitam. Anda mungkin mendapati peralatan masak berwarna hitam pekat akibat terlalu lama digunakan memasak dengan api yang terlalu panas.

Membersihkan peralatan masak yang gosong menghitam dengan cara mencuci biasa yakni menggosok dengan sabun mungkin bisa dilakukan, namun membutuhkan waktu yang lama. Selain itu, mencuci dengan sabun cuci biasa mungkin tak sempurna untuk menghilangkan bekas warna yang menghitam.

Lantas bagaimana cara membersihkan wajan atau panci yang gosong menghitam supaya kembali bersih sepeti baru?

1. Gunakan cuka dan soda kue

Cara pertama membersihkan wajan, panci, dan alat masak lain yang gosong secara mudah adalah menggunakan campuran cuka dan soda kue. Dikutip dari Daily Mail, untuk melakukannya bisa disiapkan 1 cangkir cuka, 2 sendok makan soda kue, 1 gelas air.

Selanjutnya isi panci atau wajan yang menghitam dengan air selanjutnya tambahkan cuka. Tahap lanjutan yakni didihkan panci lalu angkat dan matikan kompor. Kemudian tambahkan soda kue dan biarkan mendesis, selanjutnya cuci panci dan gosok bagian yang menghitam dan bilas.

Baca Juga: Tidak Sempat Foto Ulang? Ini Cara Gampang Ganti Background Foto Tanpa Aplikasi

2. Garam

Cara kedua membersihkan wajan, panci, dan alat masak lain yang gosong secara mudah adalah menggunakan garam. Dikutip dari HGTV, cara lain untuk membersihkan wajan yang gosong menghitam yakni dengan menggunakan garam terutama garam kosher yang kasar.

Cara membersihkan wajan, panci, dan alat masak lain yang gosong dengan garam adalah campur garam dengan dengan deterjen pencuci piring dan air panas. Selanjutnya ratakan ke wajan dan bisa digosok dengan potongan lemon.

3. Krim tartar

Cara ketiga membersihkan wajan, panci, dan alat masak lain yang gosong secara mudah adalah menggunakan krim tartar. Caranya adalah dengan mencampur satu sendok makan krim tartar dalam secangkir air dan didihkan dalam panci yang hangus. Selanjutnya biarkan air mendingin dan gosok panci.

4. Minuman bersoda

Cara keempat membersihkan wajan, panci, dan alat masak lain yang gosong secara mudah adalah menggunakan minuman bersoda. Saat panci masih panas setelah digunakan, Anda juga bisa menggunakan minuman bersoda merek apapun untuk dituangkan ke bagian bokong panci.

Selanjutnya biarkan beberapa saaat agar karbonasi dalam soda melonggarkan kotoran yang terbakar. Terakhir cuci panci hingga bersih.

5. Saus tomat

Cara kelima membersihkan wajan, panci, dan alat masak lain yang gosong secara mudah adalah saus tomat. Meskipun saus tomat tidak cukup asam untuk membersihkan bokong wajan yang menghitam parah, namun saus tomat cukup populer untuk membersihkan panci dan wajan yang kusam.

Cobalah melapisi area panci atau wajan yang ingin dibersihkan dengan saus tomat dan biarkan selama sekitar 15 menit. Selanjutnya bersihkan dan bilas dengan air.

Itulah berbagai cara membersihkan wajan, panci, dan alat masak lain yang gosong secara mudah. Selamat mencoba!

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Hilangkan Noda Hitam pada Wajan dan Panci",


Penulis : Nur Rohmi Aida
Editor : Inten Esti Pratiwi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru