Cara memulihkan kemampuan indra penciuman setelah Covid-19 dengan obat herbal

Jumat, 02 Juli 2021 | 11:10 WIB Sumber: Kompas.com
Cara memulihkan kemampuan indra penciuman setelah Covid-19 dengan obat herbal

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Infeksi virus corona penyebab Covid-19 mengakibatkan orang mengalami sejumlah gejala seperti hilangnya kemampuan indra penciuman. Tak perlu khawatir, berikut cara memulihkan kemampuan indra penciuman setelah positif Covid-19.

Cara memulihkan indra penciuman setelah positif Covid-19 ini bisa dilakukan dengan obat herbal yang mudah didapatkan. Bahkan, sejumlah bahan rumah bisa menjadi obat sebagai cara memulihkan indra penciuman setelah positif Covid-19.

Anosmia adalah kondisi saat hidung tidak bisa mencium bau atau indra penciuman tak peka. Ketika hidung tidak bisa mencium bau, kualitas hidup seseorang praktis ikut menurun.

Pengidap anosmia tak bisa membaui aroma makanan, sulit mencium wangi bunga, bau parfum, sampai tak menyadari bahaya kebakaran atau gas bocor. Lalu, bagaimana cara menyembuhkan anosmia? Adakah obat untuk menyembuhkan anosmia?

Melansir NetMeds, anosmia terjadi ketika saraf yang bertugas mengirimkan sinyal dari hidung ke otak mengalami kerusakan. Penyebab anosmia bisa karena hidung tersumbat, masalah pada sinus, tumor di dekat saraf penciuman, cedera otak, atau Covid-19.

Untuk anosmia akibat Covid-19, kondisi hidung tidak bisa mencium bau bisa berlangsung dalam hitungan hari sampai berbulan-bulan lamanya. Tak hanya mengganggu indra penciuman, anosmia kerap memengaruhi selera makan.

Baca juga: Cara mengenali anak-anak yang positif Covid-19, cermati gejala berikut

Sehingga, pengidapnya bisa kehilangan selera makan, malnutrisi, atau frustasi. Bagi Anda yang tengah bergelut dengan anosmia, ada beberapa cara memulihkan indra penciuman setelah positif Covid-19.

Berikut beberapa cara memulihkan kemampuan indra penciuman setelah positif Covid-19 dengan menggunakan obat herbal:

1. Latihan mencium bau

Cara pertama memulihkan kemampuan indra penciuman setelah positif Covid-19 adalah dengan latihan mencium bau. Melansir Healthline, latihan mencium bau adalah salah satu obat anosmia alami yang bisa diandalkan.

Latihan ini menggunakan empat jenis benda yang memiliki aroma kuat di rumah. Agar lebih praktis, Anda juga bisa memanfaatkan minyak asiri atau minyak esensial.

Cara mengobati anosmia dengan latihan bau cukup praktis. Cukup konsentrasi dan hirup atau baui empat macam aroma berbeda, masing-masing selama 20 detik. Lakukan latihan mencium bau tiga kali sehari.

Dalam enam minggu, biasanya anosmia bisa sembuh. Latihan penciuman lebih efektif dilakukan dengan aroma atau bau yang sama setiap hari. Gunakan bahan alami yang ada di rumah seperti bubuk kopi, kembang mawar, kayu putih, atau cengkeh.

Simak cara lain memulihkan kemampuan indra penciuman setelah positif Covid-19 di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto
Terbaru