Cara Mencegah Perut Buncit, Awali Dari 7 Kebiasaaan Makan Berikut

Sabtu, 25 Desember 2021 | 12:05 WIB Sumber: Kompas.com
Cara Mencegah Perut Buncit, Awali Dari 7 Kebiasaaan Makan Berikut


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Mengecilkan perut buncit membutuhkan usaha yang ekstra keras. Sebelum Anda mengalami perut buncit, simak cara mencegahnya. Cara mencegah perut buncit bisa diawali dari kebiasaan makan.

Problema perut buncit bisa mengenai siapa saja, baik pria maupun wanita. Penumpukan lemak perut ini terjadi dari detik ke detik, dari tahun ke tahun. Hingga tak terasa, menjelang usia 40 tahun, perut sudah jauh dari kesan rata dan kencang.

Namun membuncit dengan banyak timbunan lemak. Perut buncit bisa mengganggu penampilan, memicu perut begah dan mengundang banyak penyakit kronis.

Kebiasaan makan yang bisa menjadi cara mencegah perut buncit

Untuk mencegah perut buncit, terapkan kebiasaan makan seperti di bawah ini:

1. Makan lebih sering namun dalam porsi kecil

Cara pertama mencegah perut buncit adalah makan lebih sering namun dalam porsi kecil. Makan berkali-kali dalam porsi kecil bisa mencegah penumpukan lemak, sehingga bisa membuat perut jadi rata.

Menurut ahli diet dan pemilik The Dish of Nutrition, Sandy Younan Brikho, MDA, RDN, untuk mengurangi berat badan dan mengurangi lemak pada perut buncit, terapkan kebiasaan makan dalam porsi kecil namun dilakukan 5 hingga 6 kali dalam sehari. Kebiasaan ini akan menghindarkan Anda dari bahaya kelaparan yang bisa memicu pola makan berlebih.

Lakukan sarapan, makan siang dan makan malam dalam porsi kecil, dan selingi dengan kudapan sehat yang juga dalam porsi tidak berlebihan.

Baca Juga: Cara Membuat Perut Rata, Mulailah Dari 7 Kebiasaaan Makan Ini

2. Konsumsi bahan pangan pembakar lemak

Cara kedua mencegah perut buncit adalah konsumsi bahan pangan pembakar lemak. Melansir Eatthis, jika Anda penggemar daging-dagingan, jangan pernah lalai untuk rutin mengonsumsi bahan pangan alami yang berkhasiat membakar lemak.

Bahan alami ini bisa berupa mentimun yang kaya cairan dan rendah kalori, buah beri yang kaya antioksidan dan efektif memperbaharui sel-sel yang mati, juga sayuran hijau yang tinggi serat seperti kale dan bayam. Memasukkan ketiga jenis pangan ini ke dalam pola diet Anda bisa sangat efektif menurunkan berat badan dalam jangka panjang.

3. Terapkan aturan 50:50

Cara ketiga mencegah perut buncit adalah menerapkan aturan 50:50. Tak apa mengonsumsi daging-dagingan. Namun terapkan aturan 50:50. Yaitu separo porsi adalah daging, dan separo porsi sisanya adalah sayuran.

Aturan ini bisa mengenyangkan perut lebih lama tanpa risiko penumpukan lemak terlalu banyak sekaligus bisa memberi asupan nutrisi lengkap yang dibutuhkan tubuh.

4. Konsumsi probiotik rutin

Cara keempat mencegah perut buncit adalah konsumsi probiotik rutin. Mengutip dari Healthline, probiotik adalah bakteri baik yang memiliki peran penting dalam proses penurunan berat badan.

Dalam sebuah studi diketahui bahwa orang dengan obesitas memiliki jumlah bakteri baik lebih sedikit daripada mereka yang memiliki berat badan ideal. Jadi untuk meratakan perut, perbanyaklah mengonsumsi yoghurt, tempe, kimchi dan kefir.

5. Hindari menelan terlalu banyak air dan gas

Cara kelima mencegah perut buncit adalah menghindari menelan terlalu banyak air dan gas. Minuman soda mengandung gelembung-gelembung yang di dalamnya berisi karbondioksida. Gelembung ini akan membuat perut mudah begah karena dipenuhi oleh gas. Sedangkan minum menggunakan sedotan atau kebiasaan banyak bicara ketika makan akan memicu masuknya banyak udara ke dalam rongga perut.

Kedua kebiasaan buruk ini bisa memicu perut buncit. Sebuah penelitian menyatakan bahwa minum dengan menenggak langsung dari gelas dan menghindari minuman bersoda bisa membuat perut menjadi rata dan tak buncit.

6. Perbanyak telur

Cara keenam mencegah perut buncit adalah meningkatkan konsumsi telur. Telur memiliki banyak nutrisi yang menyehatkan tubuh. Telur juga kaya protein dan memiliki properti unik yang bisa mereduksi berat badan.

Telur mengandung properti unik yang bisa membantu menurunkan berat badan, sehingga jika dikonsumsi rutin telur bisa membentuk perut lebih rata.

Dari sebuah studi didapatkan, mengonsumsi telur sebagai menu sarapan rutin bisa meningkatkan peluang penurunan berat badan selama 8 minggu hingga sebesar 65 persen. Dengan mengonsumsi telur, tubuh tak akan menagih pemasukan kalori berlebih lagi karena kebutuhan protein sudah tercukupi.

7. Batasi konsumsi gula

Cara ketujuh mencegah perut buncit adalah mengurangi gula. Kebanyakan mengonsumsi gula bisa melebarkan ukuran pinggang. Selain itu glukosa tinggi juga bisa memicu berbagai penyakit berbahaya seperti diabetes dan gangguan pada jantung.

Jadi agar perut rata, batasi konsumsi gula harian Anda. Seduhlah kopi dan teh pahit daripada kopi manis, dan hindari terlalu banyak mengonsumsi kudapan manis.

Selain melakukan 7 kebiasaan makan di atas, terapkan pula pola hidup sehat dengan menghindari alkohol dan melakukan olahraga kardio rutin. Jika Anda menerapkan pola hidup sehat ini dengan rutin, maka perut buncit akan menyusut dan perut rata akan ada di depan mata.

Itulah beragam cara mencegah perut buncit. Lakukan semua cara di atas dan jalani olahraga serta pola hidup sehat, lalu rasakan manfaatnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "7 Kebiasaan Makan yang Bisa Membentuk Perut Rata",


Penulis : Inten Esti Pratiwi
Editor : Inten Esti Pratiwi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru