Cara mengatasi rambut mengembang bisa pakai 7 bahan ini

Rabu, 21 Juli 2021 | 08:44 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cara mengatasi rambut mengembang bisa pakai 7 bahan ini

ILUSTRASI. Ada banyak cara mengatasi rambut mengembang yang bisa Anda praktikkan./Pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/13/06/2011.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rambut mengembang bisa jadi salah satu hal yang mengganggu penampilan. Jika Anda mengalami hal itu, ada banyak cara mengatasi rambut mengembang yang bisa Anda praktikkan. Salah satunya adalah dengan memakai bahan alami di sekitar Anda.

Kondisi rambut yang mengembang bisa terjadi karena berbagai macam faktor. Mulai dari dehidrasi, kelembaban rambut kurang terpenuhi, memakai alat penata rambut secara berlebihan, mengonsumsi makanan yang kurang bergizi, dan lain sebagainya.

Nah, bahan-bahan alami berikut ini dapat mengatasi masalah rambut Anda. Namun, jika rambut mengembang sulit teratasi dengan bahan alami ini, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter. Nantinya, dokter bisa memberikan saran yang tepat sesuai dengan kondisi rambut Anda.

Yogurt dan Alpukat

Firstcry.com mengatakan bahwa yogurt dan alpukat adalah salah satu kombinasi yang efektif mengatasi rambut mengembang. Vitamin B, vitamin E, dan kandungan lain dalam bahan tersebut mampu menutrisi rambut secara maksimal.

Caranya, tumbuk satu buah alpukat hingga halus lalu tambahkan satu gelas yogurt. Aduk rata kemudian aplikasikan pada rambut. Anda perlu mendiamkannya dulu selama 40 hingga 45 menit sebelum membilasnya dengan sampo dan kondisioner yang biasa Anda pakai.

Baca Juga: 4 Cara menumbuhkan rambut dengan cepat, bisa pakai bahan alami

Pisang, Madu, dan Minyak Kelapa

Pisang dapat digunakan sebagai cara mengatasi rambut mengembang.

Cara mengatasi rambut mengembang berikutnya adalah dengan memanfaatkan pisang, madu, dan minyak kelapa. Pertama, haluskan satu buah pisang lalu tambahkan 2 sdt madu dan 1/3 gelas minyak kelapa. Aplikasikan pada rambut selama 20 menit lalu bilas dengan sampo.

Labu dan Madu

Selain dikombinasikan dengan pisang dan minyak kelapa, madu juga bisa Anda campur dengan labu untuk mengatasi rambut mengembang. Kalium, zinc, vitamin A, vitamin C, dan nutrisi lain yang terdapat dalam labu dan madu bisa menjaga kesehatan rambut.

Pertama, campur satu gelas ekstrak labu dengan 2 sdm madu. Aduk sampai rata kemudian aplikasikan pada rambut. Setelah itu, tutup rambut dengan shower cap selama 15 menit lalu bilas rambut dengan air.

Baca Juga: Mau coba? Berikut ragam penumbuh rambut terbuat dari bahan alami

Cuka Apel

Cara mengatasi rambut mengembang berikutnya yang direkomendasikan Firstcry.com adalah memakai cuka apel. Asam asetat yang terkandung dalam bahan tersebut mampu menyeimbangkan pH kulit kepala. Akibatnya, rambut bisa tumbuh dengan lebih sehat.

Anda perlu mencuci rambut dengan sampi terlebih dahulu. Kemudian, aplikasikan cuka apel di seluruh bagian rambut. Diamkan selama 30 detik kemudian bilas dan lanjutkan perawatan rambut memakai kondisioner.

Selanjutnya: 4 Rekomendasi masker rambut dari bahan-bahan alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru