Cara mengubah nama yang salah di KK, bisa online atau via Whatsapp

Jumat, 15 Oktober 2021 | 14:38 WIB Sumber: Kompas.com
Cara mengubah nama yang salah di KK, bisa online atau via Whatsapp


KEPENDUDUKAN/CATATAN SIPIL - Jakarta. Simak cara mengubah nama yang salah di kartu keluarga (KK). Terkadang, pengetikan nama di KK sering salah, sehingga harus dibenarkan agar tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari. 

Nama di kartu keluarga atau KK terkadang salah atau berbeda, tak sesuai dengan penulisan nama di akta kelahiran. Ketidaksesuaian nama ini bisa menjadi masalah di kemudian hari ketika Anda akan melakukan berbagai urusan administrasi seperti mendaftar sekolah, urusan perbankan dan berbagai urusan administrasi lainnya.

Cara mengubah nama pada KK bisa dilakukan sesuai Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan serta Peraturan Presiden Nomor 25 Tahun 2008 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil.

Untuk mengubah nama di KK, tentu saja Anda harus datang ke kantor Discukcapil setempat, sesuai alamat domisili. Selain itu, Anda harus membawa sejumlah dokumen persyaratan untuk mengubah nama yang salah di KK.

Baca juga: Mudah, ini cara mengurus e-KTP rusak, hilang, patah! Diurus sendiri, jangan via calo

Adapun dokumen yang dijadikan persyaratan mengubah nama yang salah di KK adalah sebagai berikut:

  • Surat pengantar dari desa tentang perubahan nama.
  • Fotokopi kartu keluarga.
  • Fotokopi KTP.
  • Fotokopi akta kelahiran.
  • Fotokopi ijazah terakhir jika ada.
  • Fotokopi buku nikah.
  • Materai.
  • Jika yang ingin diubah adalah nama anak-anak yang masih dalam tanggungan orang tua, maka Anda harus menyertakan KTP dan buku nikah milik Anda sebagai orang tua atau walinya. 

Cara mengubah nama yang salah di KK

Melansir dari sipp.menpan.go.id, untuk mengubah nama yang salah di KK Anda harus langsung datang ke kantor Disdukcapil. Begini cara mengubah nama yang salah di KK:

  • Datang membawa dokumen persyaratan yang dibutuhkan.
  • Menunggu antrian untuk mendapatkan layanan.
  • Mengisi dan menyerahkan formulir perubahan nama. 
  • Menyerahkan kepada petugas semua dokumen yang menjadi persyaratan pengubahan nama pada kartu keluarga.
  • Petugas akan mulai menginput ralat data yang ada, dan akan memanggil nama Anda kembali ketika kartu keluarga baru sudah siap.

Selain dengan mengurus langsung di kantor Discukcapil, Anda juga bisa mengubah nama yang salah di KK dengan menggunakan layanan online yang tersedia di kantor Disdukcapil sesuai domisili.

Seperti masyarakat DKI Jakarta, ada layanan untuk mengubah nama data di KK secara online dengan mengakses aplikasi Alpukat Betawati. Di Disdukcapil Kabupaten Jember, yang menyediakan layanan mengubah data termasuk nama di KK via layanan WhatsApp.

Mengutip dari dispendukcapil.jemberkab.go.id, setelah mendapatkan surat penetapan dari Pengadilan Negeri Jember, masyarakat bisa langsung mengubah data seperti nama di KK mengirim pesan WhatsApp melalui nomor 081131181180. Dalam proses mengubah nama di KK ini, masyarakat tak dikenai biaya sama sekali.  

Itulah beberapa cara untuk mengubah nama yang salah di KK. Semoga bermanfaat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Begini Cara Mengubah Nama di Kartu Keluarga",


Penulis : Inten Esti Pratiwi
Editor : Inten Esti Pratiwi

 

Selanjutnya: Ada layanan online, ini cara mencetak KK & dokumen kependudukan lain secara mandiri

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru