Cara Mengusir Tikus di Rumah, Coba Gunakan 5 Bahan Alami Ini

Jumat, 09 September 2022 | 12:19 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Cara Mengusir Tikus di Rumah, Coba Gunakan 5 Bahan Alami Ini

ILUSTRASI. Cara mengusir tikus di rumah.


KONTAN.CO.ID - Keberadaan tikus di rumah kerap kali mengganggu kenyamanan saat beristirahat. Namun tak usah khawatir, untuk mengatasi masalah tersebut, ada cara mengusir tikus hanya dengan memanfaatkan bahan alami. 

Kemunculan tikus kerap menjijikan. Selain itu, juga menjadi tanda lingkungan kurang bersih dan berisiko menyebarkan penyakit berbahaya. 

Jika tidak segera diusir, tikus juga dapat merusak perabotan atau alat rumahtangga. Pasalnya, tikus bisa menggerogoti alat-alat rumah tangga sekalipun. Oleh sebab itu, mengusir tikus harus dilakukan sesegera mungkin.

Baca Juga: Jadwal Timnas Portugal Di Piala Dunia 2022 Qatar

Selain menggunakan bahan alami untuk mengusir tikus, Anda juga harus merapikan barang-barang dan meminimalisir lubang yang tidak berfungsi. Hal tersebut juga dapat menjadi cara pencegahan kemunculan tikus. 

Lantas apa saja bahan alami yang bisa digunakan untuk mengusir tikus? 

Melansir dari Firstcry, berikut bahan-bahan alami yang bisa mengusir tikus: 

Bubuk cabai

Salah satu cara mengusir tikus yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan bubuk cabai. Gunakan bubuk cabai di area munculnya tikus seperti jendela, pintu, lubang-lubang, dan tempat yang menjadi sarang tikus. 

Cengkih

Selain bubuk cabai, Anda juga bisa memanfaatkan cengkih untuk mengusir tikus. Cengkih mempunyai aroma yang tidak disukai tikus. Oleh sebab itu, meletakkan cengkih di tempat-tempat tertentu dapat mengusir dan membasmi tikus secara alami.

Baca Juga: Jadwal Liga Inggris 2022/2023: Crystal Palace vs Man United, Pukul 22.30

Bawang merah

Bawang merah juga merupakan bahan alami yang ampuh mengusir tikus. Anda hanya tinggal meletakkan potongan bawang merah di sudut-sudut atau tempat munculnya tikus. 

Bawang putih 

Selain bawang merah, bawang putih juga mempunyai khasiat serupa yaitu dapat mengusir tikus. Cara menggunakannya juga hampir sama. Simpan beberapa siung bawang putih yang telah dipotong-potong di area yang rentan didatangi tikus.

Baca Juga: MP3 Juice, Simak Langkah Download dan Merubah Video Youtube Jadi MP3

Peppermint oil

Cara mengusir tikus yang tak boleh terlewatkan adalah dengan memanfaatkan peppermint oil. Peppermint oil mempunyai aroma yang cukup menyengat dan kurang disukai oleh tikus. Karena itu, penggunaan peppermint oil bisa digunakan sebagai salah satu cara mengusir tikus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru