Cara Menyimpan Daging di Kulkas Agar Awet dan Ciri Daging yang Tidak Layak Konsumsi

Jumat, 04 November 2022 | 15:20 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Cara Menyimpan Daging di Kulkas Agar Awet dan Ciri Daging yang Tidak Layak Konsumsi

ILUSTRASI. Cara Menyimpan Daging di Kulkas Agar Awet dan Ciri Daging yang Tidak Layak Konsumsi. Dok/Food Fire Friends


KONTAN.CO.ID -  Daging sapi merupakan salah satu makanan sumber protein hewani yang cara menyimpannya perlu diperhatikan agar kandungan nutrisinya tetap terjaga. 

Masih banyak masyarakat yang mungkin belum memahami bagaimana menyimpan daging yang benar agar awet.

Menurut ahli gizi Rumah Sakit Akademik Universitas Gadjah Mada (RSA UGM), Pratiwi Dinia Sari, daging kurban maupun daging segar yang baru dibeli di pasar perlu dicuci dan segera dimasak atau disimpan dalam freezer bersuhu di bawah 0 derajat Celcius

“Meletakkan daging yang telah dicuci di udara terbuka atau tidak langsung dimasak/disimpan beku akan menyebabkan bertambahnya kuman karena air merupakan media perkembangbiakan yang baik bagi kuman” jelas Dinia seperti dikutip dari situs RSA UGM.

Baca Juga: 7 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan, Bisa untuk Turunkan Gula Darah dan Kolesterol!

Cara menyimpan daging dalam kulkas

  • Pisahkan daging sapi dan daging kambing untuk menghindari kontaminasi silang dan juga menghindari bau khas kambing yang akan tercampur.
  • Pisahkan daging dan jeroan (hati, usus, ginjal dan babat). Jeroan hati perlu dipisah karena hati cenderung basah dan dapat menyebabkan daging cepat membusuk.
  • Simpan daging per porsi masak, untuk memudahkan saat proses thawing. Dengan menyimpan daging per porsi masak, maka daging tidak perlu berulang kali mengalami proses thawing.
  • Daging yang keluar masuk kulkas berulang-ulang akan kehilangan komponen-komponen penting dalam daging yang larut berkali-kali bersama air yang keluar sehingga mengakibatkan kandungan nutrisi daging akan jauh berkurang.
  • Simpan daging dalam plastik bening tebal atau wadah makanan yang dapat menutup rapat
  • Daging yang disimpan di freezer dengan suhu kurang dari -10 derajat Celcius dapat bertahan lebih dari 1 bulan, sedangkan apabila daging disimpan dalam chiller yang bersuhu -5 hingga 0 derajat Celcius hanya dapat bertahan maksimal 3 hari

Selain cara menyimpan daging, Dinia juga memberikan beberapa ciri daging yang sudah membusuk dan tidak layak dikonsumsi, yakni:

  • Adanya perubahan bau, muncul bau agak busuk
  • Permukaan daging lengket atau berlendir
  • Perubahan warna yang menjadi lebih gelap dari warna daging segar
  • Tumbuh jamur warna putih

Baca Juga: Ini Daftar Makanan yang Bisa Ganggu Kesuburan, Wajib Dihindari saat Promil

Cara mencairkan daging beku

Cara mencairkan daging yang beku, atau dikenal dengan istilah thawing, yang tepat akan berpengaruh pada kualitas daging yang akan dimasak.

Thawing dalam ruang terbuka berisiko meningkatkan perkembangbiakan kuman dan jika direndam dalam air menyebabkan larutnya kandungan zat-zat penting dalam daging. 

Cara thawing yang disarankan adalah dengan menyiram daging yang masih terbungkus dalam plastik dengan air kran atau menyimpannya dalam chiller lemari es 6-10 jam sebelum diolah agar tidak beku lagi.

Meskipun dibutuhkan tubuh, daging tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena bisa menyebabkan gangguan kesehatan. 

Daging sapi atau kambing sebanyak 200 – 250 gram per hari sudah mencukupi kebutuhan protein dalam satu hari. Selain itu, imbangi asupan daging dengan Tetap konsumsi 5 porsi buah dan sayur untuk memenuhi kebutuhan serat tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru