Cara Mudah Mencuci Selimut Agar Tetap Berbulu

Rabu, 19 Januari 2022 | 16:36 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Cara Mudah Mencuci Selimut Agar Tetap Berbulu

ILUSTRASI. Ilustrasi mencuci selimut.


KONTAN.CO.ID -Jakarta. Simak cara mudah mencuci selimut bulu. Salah dalam mencuci, selimut bulu bisa rusak.

Kita semua tahu betapa pentingnya mencuci tempat tidur salah satunya selimut. Pasalnya, jika selimut tidak dicuci dengan bersih akan banyak debu atau bakteri yang menempel sehingga dapat menimbulkan penyakit. 

Jika anda terlalu sering mencucinya selimut juga berpotensi membuat selimut cepat rusak. Oleh karena itu penting mencuci selimut dengan baik dan benar. 

Melansir dari Housebeuatiful, berikut cara mencuci selimut agar tetap berbulu dan tetap nyaman dipakai:

Baca Juga: Ini Cara Membersihkan Layar Televisi, Dijamin Aman dan Bersih!

1. Muat Selimut

Hal pertama baca semua label dan lihat apakah selimut bulu Anda dapat dimasukkan ke dalam mesin cuci atau jika dry cleaning profesional disarankan. Perhitungkan apakah ukuran selimut muat di mesin cuci atau tidak jangan sampai mesin cuci terlalu penuh.

2. Tambahkan Sabun

Gunakan sabun atau sabun mandi, jangan gunakan deterjen komersial. Ini karena deterjen super berat cenderung membebani selimut, sehingga membuat bulu lebih sulit kering. Selimut Clumpy hampir tidak empuk dan nyaman. 

3. Set Waktu

Untuk pengaturan waktu, pilih siklus pencucian biasa. Jika Anda khawatir akan merusak selimut bulu angsa Anda, Anda dapat memilih pengaturan putaran sedang hingga lambat.

4.  Atur Suhu 

Untuk suhu, pilih siklus hangat tetapi dengan pembilasan dingin dan pastikan bilas secara menyeluruh. Jika mesin Anda tidak menawarkan kombinasi itu, maka lebih aman untuk memilih suhu yang lebih dingin.

Baca Juga: 8 Sumber Bau Tidak Sedap di Rumah, Mungkin Berasal Dari Ini

5. Keringkan

Saat tiba waktunya untuk mengeringkan selimut, tambahkan bola tenis dan pilih panas yang hangat. Anda akan ingin memastikan bahwa waktu diatur ke siklus putaran yang lebih rendah tetapi waktu pengeringan yang lebih lama. 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, selimut basah akan menghasilkan gumpalan, jadi pastikan selimut tidak lembab sedikit pun sebelum Anda mengeluarkannya dari pengering. 

Demikian cara mencuci selimut yang baik agar selimut masih tetap berbulu dan nyaman saat dipakai sekaligus terhindar dari bakteri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru