Cara transfer antar bank gratis atau bebas biaya, gunakan aplikasi resmi

Jumat, 03 Desember 2021 | 10:15 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Cara transfer antar bank gratis atau bebas biaya, gunakan aplikasi resmi

ILUSTRASI. Cara transfer antar bank gratis atau bebas biaya, gunakan aplikasi resmi


TIPS & TRIK - Jakarta. Bank Indonesia akan menjalankan kebijakan biaya transfer antar bank yang lebih murah mulai pekan kedua Desember 2021. Namun, jika ingin hemat lagi, ada cara transfer antar bank secara gratis atau bebas biaya. Lalu bagaimana cara transfer antar bank yang bebas biaya atau gratis?

Diberitakan sebelumnya, Bank Indonesia (BI) akan mulai mengimplementasikan BI Fast Payment atau BI Fast pada pekan kedua Desember tahun ini. Melalui sistem ini, biaya transfer antar bank hanya akan dikenakan tarif maksimal Rp 2.500.

Selama ini, biaya transfer antar bank mencapai Rp 6.500 per transaksi. Tentu saja, dengan kebijakan baru ini, nasabah lebih menghemat biaya transfer antar bank.

Nah, agar lebih hemat lagi, ada cara transfer antar bank yang bebas biaya atau gratis. Cara transfer antar bank yang bebas biaya atau gratis ini harus menggunakan aplikasi layanan jasa keuangan.

Baca Juga: Siap-siap, biaya transfer antar bank akan turun Rp 2.500 mulai pekan II Desember 2021

Salah satu aplikasi resmi penyedia layanan transfer antar bank yang bebas biaya atau gratis adalah Flip. Flip adalah fintech yang terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa keuangan. Lalu bagaimana cara menggunakan aplikasi Flip untuk melakukan transfer antar bank yang bebas biaya atau gratis?

Cara transfer antar bank yang bebas biaya atau gratis?

Pengguna baru dapat mencoba transaksi transfer antar bank secara gratis atau tanpa biaya di Flip dengan limit transaksi Rp 500.000 per akun. Jika ingin transfer lebih dari Rp 500.000, pengguna Flip harus verifikasi identitas secara online dan gratis.

Dilansir dari situs resmi Flip, berikut cara transfer antar bank secara gratis atau tanpa biaya melalui aplikasi Flip:

1. Buka aplikasi  Flip lalu klik tombol “Kirim Uang Gratis”

2. Pilih bank tujuan transaksi, kemudian masukkan nomor rekening tujuan. Jangan lupa untuk klik “CEK NAMA” untuk verifikasi nomor rekening tujuan.

3. Pastikan nomor rekening dan nama tujuan yang muncul sudah benar, kemudian klik "LANJUT".

4. Isikan nominal transfer dan berita transfer (minimal nominal transaksi Rp10.000)

5. Kemudian klik “LANJUT”.

6. Perhatikan halaman review transaksi untuk memastikan setiap data transaksi pengiriman uang yang akan dilakukan sudah benar.

7. Jika data transaksimu sudah dipastikan sesuai, pilih “LANJUT KE PENGIRIMAN” untuk melanjutkan proses pembuatan transaksi.

8. Pilih Bank Pengirim yang digunakan sebagai sumber dana. Pastikan bank pengirim yang dipilih sesuai dengan yang akan digunakan untuk transfer ke Flip.

9. Konfirmasi Transaksi. Pada halaman ini, tertampil detail transaksi yang dibuat. Rekening atas nama PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi adalah rekening Flip. Lakukan transfer ke rekening tersebut via ATM/internet/mobile banking sebesar nominal+kode uniknya.

10. Setelah melakukan transfer, kemudian klik tombol “SAYA SUDAH TRANSFER”

11. Pastikan nama rekening yang digunakan saat transfer sama dengan nama akunnya serta dana yang sudah terdebit ke rekening Flip. Jika sudah dipastikan sesuai silakan klik tombol “SUDAH”.

Setelah itu, Flip akan melakukan pengecekan dan memproses transaksimu. Waktu yang dibutuhkan untuk memproses transaksi umumnya adalah 10 menit. Selagi transaksi diproses, kamu dapat menutup halaman tersebut dan Flip akan tetap melakukan proses transaksi.

Jika ada kendala pada transaksi dan Flip membutuhkan konfirmasi lebih lanjut, Flip akan mengirimkan email dan notifikasi di aplikasi untuk mengunggah bukti transfer. Pada halaman transaksi akan muncul tombol unggah bukti, silakan unggah bukti transfer agar dapat dilakukan pengecekan manual.

12. Transaksi Berhasil Diproses. Jika transaksi telah berhasil diproses, Flip akan menampilkan bukti transfer dan mengirimkan detail transaksinya ke email yang didaftarkan.

Demikianlah cara transfer antar bank yang bebas biaya atau gratis melalui aplikasi Flip. Kini, sudah bukan saatnya membayar biaya Rp 6.500 untuk transfer antar bank.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru