Cari cara menghilangkan komedo di hidung? Coba 7 bahan ini

Sabtu, 02 Oktober 2021 | 10:25 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cari cara menghilangkan komedo di hidung? Coba 7 bahan ini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski tidak berbahaya, komedo bisa mengganggu penampilan Anda. Cara menghilangkan komedo di hidung pun perlu segera Anda lakukan supaya kesehatan kulit terjaga.

Komedo terbentuk karena gabungan sebum, sel kulit mati, dan bakteri. Kombinasi itu menyumbat pori-pori kulit dan seiring berjalannya waktu, warna bisa menghitam. Jika terus dibiarkan, bukan tidak mungkin masalah kulit yang lain ikut muncul.

Mengutip dari Med India (mediindia.net), ada beberapa faktor yang memicu kemunculan komedo. Misalnya, stres, perubahan hormon, kebersihan kulit yang tak terjaga, alkohol, kafein, dan merokok.

Sebenarnya, ada banyak penghilang komedo yang bisa Anda beli di pasaran. Namun, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa bahan alami di bawah ini. Selain menghilangkan komedo, nutrisi dalam bahan-bahan alami juga bisa menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

Baca Juga: Ingin tahu cara mengecilkan pori-pori? Gunakan 6 bahan ini

Madu

Cara menghilangkan komedo hitam pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan madu. Anda hanya perlu mengoleskan madu pada area kulit yang berkomedo. Setelah 15 menit, bersihkan dengan air hangat.

Telur dan Madu

Cara menghilangkan komedo di hidung bisa pakai telur dan madu.

Cara menghilangkan komedo selanjutnya adalah memakai telur dan madu. Anda harus mengocok dua putih telur terlebih dahulu kemudian tambahkan 1 sdm madu. Aduk rata lalu aplikasikan pada area komedo selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat.

Lemon dan Garam

Jika Anda mencari cara menghilangkan komedo di hidung, cobalah untuk menggunakan lemon. Langkah yang perlu Anda lakukan sangat mudah. Pertama, campur beberapa tetes air perasan lemon dengan sedikit garam dalam sebuah wadah.

Aduk rata kemudian aplikasikan campuran itu pada kulit berkomedo. Jangan lupa untuk membersihkan kulit dengan air hangat terlebih dahulu, ya. Diamkan selama 20 menit kemudian bersihkan sisa masker komedo itu dengan air hangat.

Kayu Manis dan Jeruk Nipis

Med India merekomendasikan kayu manis sebagai cara menghilangkan komedo secara alami. Supaya efeknya lebih maksimal, Anda perlu mencampur kayu manis dengan air perasan jeruk nipis. Campur dua bahan alami itu dengan perbandingan yang sama.

Setelah teraduk rata, aplikasikan masker penghilang komedo pada kulit lalu diamkan selama semalaman. Di pagi hari, bilas sisa masker dengan air hangat. Usahakan untuk melakukan cara membersihkan komedo tersebut secara rutin untuk mendapat hasil maksimal.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan milia, bisa Anda coba di rumah

Tomat

Tomat bisa dipakai sebagai cara menghilangkan komedo di hidung.

Bahan alami berikutnya yang cocok dijadikan cara menghilangkan komedo di hidung adalah tomat. Antiseptik yang terkandung dalam tomat mampu mengeringkan komedo sehingga masalah kulit itu lebih mudah untuk dibersihkan.

Caranya, aplikasikan tomat yang telah dihaluskan pada bagian kulit yang berkomedo. Sama seperti masker komedo alami sebelumnya, Anda perlu mendiamkannya selama semalaman kemudian bilas dengan air hangat di pagi hari.

Apakah ada bahan alami yang membuat Anda tertarik? Jika iya, jangan lupa untuk melakukan uji coba terlebih dahulu, ya. Anda bisa melanjutkan penggunaan bahan-bahan tersebut apabila tak ada reaksi alergi yang muncul.

Selanjutnya: Ini 7 bahan alami yang cocok dijadikan pemutih badan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru