Cari cara menghilangkan kutil? Pakai 4 bahan alami ini

Selasa, 01 Juni 2021 | 14:33 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cari cara menghilangkan kutil? Pakai 4 bahan alami ini


KECANTIKAN - Kutil adalah salah satu masalah kulit yang cukup sering dialami oleh banyak orang. Jika Anda memiliki masalah kulit tersebut, ada banyak cara menghilangkan kutil yang bisa dicoba.

Masalah kulit itu muncul denga ukuran yang berbeda-beda, dan kutil bisa muncul di bagian kulit mana pun. Mengutip dari Netmeds.com, biasanya kutil muncul di beberapa lipatan tubuh, seperti ketiak, selangkangan, leher.

Meski tidak berbahaya, kemunculan kutil sering kali mengganggu penampilan. Apalagi, jika muncul di bagian tubuh yang mudah terlihat.

Jika Anda ingin menghilangkan kutil, tidak ada salahnya untuk memakai bahan alami. Meski demikian, pastikan untuk melakukan uji coba, ya.

Bila reaksi alergi tidak muncul, Anda bisa melanjutkan pemakaian bahan-bahan alami berikut:

Bawang putih

Tahukah Anda bahwa bawang putih bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan kutil? Kemampuan itu berasal dari antiinflamasi yang terkandung dalam bawang putih.

Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah. Pertama-tama, tumbuk bawang putih hingga halus dan berbentuk pasta lalu aplikasikan pada bagian kulit di mana kutil berada.

Selanjutnya, tutup kutil tersebut dengan perban selama semalaman. Dengan pemakaian rutin, kutil bisa hilang lebih cepat.

Baca Juga: Telah terbukti, 5 manfaat cuka apel bagi kesehatan

Minyak vitamin E

Cara menghilangkan kutil selanjutnya adalah dengan memakai minyak vitamin E. Vitamin E memiliki banyak antioksidan sehingga efektif membersihkan kutil, apalagi kutil yang terbentuk karena pertambahan usia.

Anda hanya perlu mengoleskan minyak vitamin E pada kutil lalu diamkan selama satu malam. Dengan pemakaian rutin, minyak vitamin E akan menghilangkan kutil. Selain itu, kondisi kulit juga lebih lembut.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan kutil memakai bahan alami

Kulit pisang

Netmeds.com merekomendasikan kulit pisang untuk menghilangkan kutil yang Anda miliki. Anda hanya perlu menutup kutil dengan kulit pisang secara rutin.

Kandungan dalam bahan alami itu akan membuat kutil kering hingga akhirnya terlepas dari kulit Anda.

Cuka apel

Salah satu manfaat cuka apel adalah digunakan sebagai cara menghilangkan kutil.

Bahan alami berikutnya yang cocok digunakan sebagai cara menghilangkan kutil adalah cuka apel. Zat asam yang terkandung dalam cuka apel efektif melepaskan kutil dari kulit.

Anda hanya perlu mengaplikasikan cuka apel pada kutil selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat.

Selanjutnya: 4 Bahan alami ini efektif untuk menghilangkan kutil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru