Catat 6 Bahan Alami yang Dapat Melancarkan Haid Tidak Teratur

Senin, 27 Juni 2022 | 13:49 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Catat 6 Bahan Alami yang Dapat Melancarkan Haid Tidak Teratur

ILUSTRASI. Haid tidak teratur.


KESEHATAN -Jakarta. Haid tidak teratur adalah masalah yang cukup banyak dialami para perempuan. Untuk mengatasi masalah tersebut, ada beberapa bahan alami yang dapat membantu melancarkan haid tidak teratur loh. 

Bahan alami yang dimaksud juga cukup ampuh mengatasi haid tidak teratur dan relatif mudah untuk didapatkan. Meski demikian, sebaiknya Anda juga berkonsultasi dengan dokter untuk mencegah efek sampingnya. 

Pada dasarnya siklus haid yang tidak teratur disebabkan oleh banyak faktor. Mulai dari gaya hidup yang tidak sehat hingga stres bisa menyakadi penyebabnya. 

Baca Juga: Mampu Menjaga Sistem Pencernaan, Simak 6 Manfaat Buah Belimbing Berikut

Untuk melancarkan haid yang tidak teratur, simak beberapa bahan alami untuk melancarkan haid yang dilansir dari Pharmeasy, di antaranya: 

Kunyit

Kunyit adalah salah satu rempah yang dipercaya dapat melancarkan haid. Selain itu, kunyi juga mengandung antiinflamasi yang mampu meredakan rasa sakit yang muncul saat haid. Kunyit juga mengandung banyak manfaat lain bagi kesehatan. 

Kayu Manis 

Selain kunyit, kayu manis disebut-sebut juga dapat melancarkan haid atau menstruasi. Senyawa yang terkandung dalam kayu manis mampu melancarkan aliran darah yang menuju rahim, oleh karena itu kayu manis bisa dijadikan alternatif obat pelancar haid. 

Baca Juga: 6 Makanan Diet yang Mempercepat Menurunkan Berat Badan, Apa Saja?

Pepaya

Pepaya dikenal sebagai salah satu buah yang dapat melancarkan pencernaan. Namun, ternyata selain itu pepaya juga mampu melancarkan haid loh. Terlebih pepaya mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Cuka Apel 

Cara melancarkan hai selanjutnya Anda bisa coba mengkonsumsi cuka apel. Pasalnya, dengan mengkonsumsi cuka apel secara rutin mampu meningkatkan hormon sehingga haid menjadi lebih teratur. 

Lidah Buaya 

Dilansir dari Pharmeasy, lidah buaya mampu melancarkan haid yang tidak teratur. Hal tersebut dikarenakan mengkonsumsi lidah buaya juga mampu meningkatkan hormon dan metabolisme tubuh. 

Baca Juga: Jadwal Piala Presiden 2022, Hari Ini Ada Persis Solo Vs Persita Tangerang

Buah Bit

Cara melancarkan haid yang terakhir adalah dengan mengkonsumsi buah bit secara rutin. Selain itu, mengkonsumsi buah bit juga dapat meredakan rasa sakit saat haid. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru