CLOSE [X]

Catat Waktu Terbaik Vaksinasi Booster Bagi Pemudik, Tips dari Kemenkes

Senin, 25 April 2022 | 10:10 WIB Sumber: Kompas.com
Catat Waktu Terbaik Vaksinasi Booster Bagi Pemudik, Tips dari Kemenkes


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pada tahun ini, pemerintah memutuskan untuk mengizinkan mudik bagi masyarakat. Meski demikian, ada syarat yang harus dipenuhi. 

Salah satunya, pemerintah menjadikan vaksinasi booster sebagai syarat mudik Lebaran 2022, sehingga pemudik tak perlu menunjukkan tes PCR dan antigen. 

Akan tetapi, bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik disarankan untuk tidak mepet dengan waktu pelaksanaan perjalanan selepas melakukan vaksinasi booster. 

Selain itu, antibodi yang terbentuk dari vaksin booster juga memerlukan waktu beberapa hari sebelum berdampak optimal untuk tubuh. 

Penjelasan Kemenkes 

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan, melakukan vaksinasi booster sebelum atau saat melakukan perjalan mudik tidak berbahaya. 

Namun, masyarakat perlu memperhatikan faktor aktivitas fisik perjalanan mudik yang dapat menyita banyak energi. Selain itu, faktor efek samping dari vaksinasi booster juga dapat membuat perjalanan masyarakat saat mudik akan terganggu. 

Baca Juga: Catat Daftar Vaksin Covid-19 yang Sudah Berlabel Halal MUI, Apa Saja?

"Vaksinasi tidak berbahaya tetapi perlu diperhatikan karena mudik umumnya akan menyebabkan aktivitas fisik yang cukup melelahkan. Karena biasanyaa ramai, padat dan bahkan bisa macet," katanya ketika dikonfirmasi Kompas.com, Minggu (24/4/2022). 

Antibodi yang terbentuk setelah melakukan vaksinasi booster memerlukan waktu untuk dapat memproteksi tubuh secara maksimal. 
Nadia menyarankan untuk melakukan vaksinasi booster minimal tujuh hari sebelum melakukan perjalanan mudik agar kondisi tubuh dalam keadaan fit. 

"Antibodi kan butuh waktu tuk terbentuk sebagai proteksi jadi sebaiknya 7-14 hari sebabnya sudah dapat vaksin sampai menimbulkan perlidungan yang maksimal," jelasnya. 

Jangan tunda vaksin booster 

Dilansir dari laman Kemenkes, masyarakat diminta untuk tidak menunda melakukan vaksinasi booster agar saat mudik sudah memiliki antibodi dalam tubuh. 
Meskipun melakukan vaksinasi booster saat mudik diperbolehkan, namun tetap memiliki beberapa risiko yang harus dipertimbangkan. 

Baca Juga: Perjalanan Mudik 2022 Dimulai, Selain Syarat Wajib, Patuhi Protokol Kesehatan Ini

Berikut ini adalah risiko yang harus dipertimbangkan oleh pemudik yang akan melakukan vaksinasi booster ketika mudik: 

1. Antibodi tidak langsung terbentuk 

Pemerintah meminta masyarakat untuk melakukan vaksin booster jauh-jauh hari sebelum keberangkatan mudik. Hal itu disarankan karena antibodi mulai terbentuk pada 1 sampai 2 minggu pasca vaksinasi booster. 

Sehingga, jika pemudik sudah melakukan vaksin jauh-jauh hari maka antibodi yang ada di dalam tubuh akan jauh lebih optimal. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru