CLOSE [X]

Cegah Penyakit Kanker, Cek 6 Manfaat Tomat Ini, Yuk

Rabu, 26 Januari 2022 | 10:07 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cegah Penyakit Kanker, Cek 6 Manfaat Tomat Ini, Yuk

ILUSTRASI. Anda bisa mendapat manfaat tomat dengan mengonsumsinya secara teratur.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apakah Anda gemar mengonsumsi tomat? Ternyata, jenis bahan alami itu memiliki banyak manfaat, lho. Manfaat tomat berasal dari berbagai vitamin, mineral, dan jenis nutrisi lain yang terkandung di dalamnya.

Health (health.com) menyebutkan bahwa sebuah tomat berukuran sedang hanya mengandung 22 kalori dan 5 g karbo. Mengonsumsi satu buah tomat pun mampu memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C hingga 40%.

Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak nutrisi lain yang terkandung dalam tomat. Mulai dari vitamin K, vitamin A, kalium, dan lain sebagainya. Dengan rutin mengonsumsi tomat, beberapa manfaat ini bisa Anda rasakan.

Meningkatkan Kesehatan Sistem Pencernaan

Satu buah tomat berukuran besar mengandung sekitar 1.5 g serat dan 6 ons air. Kandungan tersebut berguna untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda. Meski demikian, penderita GERD perlu berhati-hati karena tomat mengandung zat asam yang bisa menaikkan asam lambung.

Baca Juga: Tidak Ingin Asam Lambung Naik? Jangan Coba-Coba Konsumsi Makanan dan Minuman Ini

Mencegah Penyakit Kanker

Selain melindungi kesehatan jantung, likopen yang terdapat dalam tomat juga mampu mencegah pertumbuhan sel kanker, lo. Apalagi sel-sel yang terdapat di paru-paru, ovarium, dan prostat. Jika Anda tertarik untuk mengonsumsi tomat secara rutin, jangan lupa untuk tetap konsultasi dulu dengan dokter, ya.

Menjaga Kesehatan Kulit

Mengutip dari Health, tomat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Apalagi saat Anda mengombinasikannya dengan minyak zaitun. Bahan-bahan alami tu mampu menjaga kulit dari efek paparan sinar matahari dan meningkatkan produksi kolagen di kulit.

Menurunkan Risiko Diabetes

Salah satu manfaat tomat adalah menurunkan risiko penyakit diabetes.

Salah satu cara menghindari risiko penyakit diabetes adalah dengan mengonsumsi tomat. Kandungan-kandungan dalam tomat mampu menurunkan jumlah gula darah sehingga penyakit diabetes bisa Anda cegah.

Baca Juga: Catat! Ini 5 Jenis Makanan yang Efektif Mencegah Kanker Payudara

Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga kesehatan jantung jadi manfaat tomat berikutnya yang bisa Anda dapat. Khasiat tomat itu berasal dari salah satu antioksidan yang terkandung dalam tomat, yaitu likopen. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi tomat menurunkan sindrom metabolik sehingga risiko penyakit jantung dapat turun.

Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat tomat lainnya yang tak boleh Anda lewatkan adalah jenis bahan alami ini mampu menjaga kesehatan mata Anda. Selain disebabkan karena kandungan likopen, kemampuan itu juga berasal dari kandungan yang bernama lutein dan beta karoten.

Beberapa nutrisi itu efektif menjaga kesehatan mata dan melindungi mata dari berbagai jenis penyakit. Misalnya, katarak dan degenerasi makula. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menikmati tomat. Mulai dari mengolahnya menjadi jus, mencampurnya dengan bahan alami lain menjadi salad, dan lain sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru