Cegah Tanda Penuaan, Ini 5 Manfaat Tomat untuk Wajah

Jumat, 14 Januari 2022 | 09:12 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Cegah Tanda Penuaan, Ini 5 Manfaat Tomat untuk Wajah

ILUSTRASI. Anda bisa mendapat manfaat tomat untuk wajah dengan memakainya secara rutin.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Siapa yang suka makan tomat? Ternyata, bahan alami itu bisa menjaga kesehatan kulit wajah, lho. Ada banyak manfaat tomat untuk wajah yang bisa Anda dapat. Alasannya karena berbagai macam kandungan yang ada dalam tomat.

Healthline (healthline.com) mengatakan, tomat mengandung banyak vitamin C, vitamin A, betakaroten, kalium, magnesium, dan antioksidan lain yang melindungi kulit Anda dari berbagai macam masalah.

Meski demikian, Anda tetap perlu berhati-hati jika ingin menggunakan tomat karena bisa memicu reaksi alergi. Untuk menghindari munculnya kemerahan dan kulit yang terasa gatal, Anda bisa mencoba tomat di satu bagian kulit terlebih dahulu. Jika tak ada reaksi, berarti tomat cukup aman untuk Anda pakai.

Mencegah Tanda Penuaan

Seiring bertambahnya usia, tanda-tanda penuaan memang lebih mudah terlihat. Namun, kemunculan tanda penuaan bisa Anda cegah dengan tomat, lo. Mengutip dari Healthline, likopen dan vitamin C dalam tomat mampu melawan radikal bebas yang merusak sel sehingga tanda penuaan pun bisa dicegah.

Baca Juga: Bawang Putih Efektif Menurunkan Gula Darah, Begini Cara Konsumsinya

Membersihkan Sel Kulit Mati

Umumnya, masalah kulit terjadi akibat pori-pori kulit yang tersumbat kotoran dan sel kulit mati. Maka dari itu, membersihkan sel kulit mati atau eksfoliasi perlu Anda lakukan secara rutin. Hal itu bisa Anda coba dengan memanfaatkan tomat.

Tomat mengandung pektin dan flavonoid yang berguna untuk membersihkan pori-pori. Selain membersihkan kulit mati, bahan alami tersebut juga mampu memperbaiki tekstur kulit sehingga wajah akan lebih halus dan lembut.

Mengatasi Efek Sinar Matahari

Salah satu faktor yang menyebabkan masalah kulit adalah paparan sinar matahari berlebih. Namun, hal itu bisa dicegah dengan manfaat tomat untuk wajah. Menurut sebuah penelitian, partisipan yang mengonsumsi tomat mengalami penurunan sensitivitas terhadap sinar matahari.

Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk benar-benar membuktikan hal tersebut. Supaya kulit benar-benar terlindungi dari sinar matahari, usahakan untuk memakai sunblock, baju dan celana panjang, serta perlindungan lain yang bisa menghindarkan Anda dari efek sinar matahari.

Baca Juga: 5 Cemilan Ibu Hamil Ini Tak Hanya Sehat tapi Juga Lezat

Mencerahkan Kulit

Salah satu manfaat tomat untuk wajah adalah mencerahkan warna kulit.

Seperti yang telah dikatakan, tomat memiliki vitamin C dan antioksidan. Nah, kandungan itulah yang mampu mencerahkan warna kulit Anda. Selain mencerahkan, tomat juga bisa menyamarkan noda hitam bekas jerawat yang ada di kulit Anda.

Pelembab Wajah

Manfaat tomat untuk wajah selanjutnya berguna untuk melembabkan kulit. Seperti yang telah dikatakan, tomat mengandung banyak kalium sehingga bisa mengatasi kulit yang kekurangan mineral tersebut, apalagi bagi Anda yang menderita eksim.

Selanjutnya: 5 Obat Sakit Jantung Ini Bisa Anda Dapat dari Bahan Alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru