Cek Penerima Bantuan BPNT Kartu Sembako 2022 di Cekbansos.kemensos.go.id

Sabtu, 10 September 2022 | 14:30 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Cek Penerima Bantuan BPNT Kartu Sembako 2022 di Cekbansos.kemensos.go.id


KONTAN.CO.ID - Masyarakat bisa membuka laman Cekbansos.kemensos.go.id untuk cek penerima Program Bantuan Pangan Non-tunai (BPNT) atau Bantuan Kartu Sembako Murah 2022.

Dikutip dari Tribunnews.com (1/9/2022), bantuan Kartu Sembako Murah 2022 atau BPNT adalah salah satu bantuan sosial (bansos) yang akan cair pada September 2022. 

Bantuan Kartu Sembako atau dulunya disebut dengan BPNT adalah bantuan sosial pangan yang disalurkan secara non tunai setiap bulan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).  Bantuan BPNT adalah bantuan yang digunakan hanya untuk membeli bahan pangan di pedagang bahan pangan atau e-warong yang bekerjama dengan bank. 

Dikutip dari laman Indonesia Baik, pendaftaran bantuan Kartu Sembako atau BPNT dilakukan secara offline bagi yang telah memiliki KPM. 

Lantas, bagaimana cara cek dan mendapatkan bantuan Kartu Sembako atau BPNT? 

Baca Juga: Presiden: Pemda Harus Ikut Tanggung Distribusi Pangan

Besaran bantuan Kartu Sembako atau BPNT 

Penyaluran Bantuan Pangan Nontunai atau BPNT

Dikutip dari Kontan.co.id (2/9/2022), BPNT disalurkan oleh Kementerian Sosial melalui PT Pos Indonesia (Persero). 

Adapun, besaran bantuan BPNT 2022 sebesar Rp 2,4 juta per tahun. Senilai Rp 200.000 akan disalurkan setiap bulan dalam 12 kali angsuran. 

Kartu Sembako bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pokok dasar pangan. Sebelumnya, kebutuhan pokok yang dapat diterima hanya terdiri dari komoditas beras dan telur. 

Saat ini, lebih bervariasi tidak hanya beras tetapi jenis karbohidrat lain, tidak hanya telur untuk protein hewani, tetapi juga protein nabati, sayuran hingga buah.

Baca Juga: Resmi Naik, Tarif Baru Ojek Online dan AKAP Mulai Berlaku pada 10 September

Cara mendapatkan Kartu Sembako

Kemensos menyebut, penerima bansos harus terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Namun meski terdaftar di DTKS, tidak semua orang atau keluarga atau individu secara otomatis akan menerima berbagai bansos yang diselenggarakan pemerintah.

Setiap jenis bansos memiliki variabel, kriteria, dan kuota masing-masing, sehingga hanya mereka yang memenuhi persyaratan lah yang akan mendapatkan bansos-bansos tertentu.

Sementara itu, dirangkum dari laman Indonesia Baik, cara mendapatkan Kartu Sembako atau bantuan BPNT adalah sebagai berikut: 

  • Pendaftaran peserta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dilakukan oleh Kementerian Sosial 
  • Calon KPM akan mendapat surat pemberitahuan berisi teknis pendaftaran di tempat yang telah ditentukan
  • Data yang telah diisi oleh calon penerima diproses secara paralel dan sinergis oleh bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), kantor kelurahan dan kantor walikota/ kabupaten
  • Calon KPM perlu membawa data pelengkap seperti Kartu Keluarga (KK), KTP, NIK (jika ada), dan Kode Unik Keluarga/Individu dalam Data Terpadu
  • Setelah verifikasi data selesai, penerima bantuan sosial akan dibukakan rekening di bank dan mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)
  • Penerima bantuan sosial yang telah memiliki KKS dapat langsung datang ke e-warong (Elektronik Warung Gotong Royong) terdekat

Baca Juga: Buka Cekbansos.kemensos.go.id, Bansos BLT BBM Rp 300.000 Cari September & Desember

Cara cek penerima BPNT Kartu Sembako 2022

Penyaluran Bantuan Pangan Nontunai atau BPNT

Untuk memastikan apakah Anda termasuk penerima bansos BPNT atau Bantuan Kartu Sembako, ada baiknya untuk mengecek secara langsung melalui 3 cara cek penerima BPN.

1. Cara cek penerima BPNT 2022 di laman Cekbansos.kemensos.go.id

Cara cek penerima BPNT 2022 yang pertama adalah melalui laman cekbansos.kemensos.go.id. Berikut cara cek penerima BPNT 2022 di laman Cekbansos.kemensos.go.id:

  • Masuk ke cekbansos.kemensos.go.id
  • Isikan data yang diminta, mulai wilayah dan nama Anda
  • Ketikkan kode yang terdiri dari 8 digit huruf, sertakan juga spasi sebagaimana terlihat dalam gambar
  • Klik "Cari Data"
  • Jika nama Anda muncul, maka Anda sudah tercantum dalam DTKS. Namun, untuk memastikan apakah Anda termasuk penerima BPNT 2022, pastikan dalam kolom status BPNT tertulis "Ya"

Baca Juga: Ekonom Nilai TKDD Belum Efektif Tekan Kemiskinan di Daerah

2. Cara cek penerima BPNT 2022 di Aplikasi Cek Bansos

Cara cek BPNT 2022 kedua adalah melalui Aplikasi Cek Bansos yang dapat diunduh di PlayStore. Cara cek penerima BPNT 2022 di Aplikasi Cek Bansos sebagai berikut:

  • Pastikan aplikasi sudah terunduh dan terpasang di ponsel
  • Anda Pilih menu "Cek Bansos"
  • Masukkan data diri seperti wilayah dan nama sesuai KTP
  • Klik "Cari Data"
  • Periksa data yang akan dimunculkan untuk mengetahui apakah Anda termasuk salah satu penerima BPNT 2022

Baca Juga: Bantuan Usaha Mikro Siap Bergulir di Semester Kedua

3. Cara cek penerima BPNT 2022 di kantor Dinsos

Cara cek penerima BPNT 2022 yang terakhir adalah dengan mendatangi kantor Dinas Sosial setempat. Di sana, Anda bisa menanyakan pada petugas, apakah Anda terdaftar dalam DTKS dan termasuk penerima BPNT 2022 atau Bantuan Kartu Sembako.

Nantinya, dana bantuan BPNT 2022 akan disalurkan melalui PT Pos Indonesia. Masyarakat penerima BPNT 2022 bisa mendatangi Kantor Pos untuk mencairkannya. 

Jangan lupa umtuk membawa syarat mencairkan BPNT 2022 yang diperlukan, seperti KTP dan Kartu Keluarga asli. Masyarakat penerima nantinya akan memperoleh informasi dari pihak terkait, apakah pencairan BPNT 2022 akan dilakukan di Kantor Pos atau titik yang lain. 

Jika sudah dapat dipastikan bahwa Anda merupakan salah satu penerima BPNT 2022, maka Anda bisa me datangi kantor pos terdekat untuk mencairkan bantuan tersebut.

Demikian penjelasan mengenai bantuan BPNT adalah Program Bantuan Pangan Non-tunai (BPNT) atau Bantuan Kartu Sembako Murah, besaran bantuan BPNT serta cara cek penerima BPNT. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru