CLOSE [X]

Coba 5 Tips Feng Shui Rumah Ini, Mulai dari Bersih-bersih hingga Memperhatikan Posisi

Jumat, 24 Juni 2022 | 14:56 WIB   Penulis: Arif Budianto
Coba 5 Tips Feng Shui Rumah Ini, Mulai dari Bersih-bersih hingga Memperhatikan Posisi

ILUSTRASI. Coba 5 Tips Feng Shui Rumah Ini, Mulai dari Bersih-bersih hingga Memperhatikan Posisi.


KONTAN.CO.ID - Coba 5 tips Feng Shui rumah ini, mulai dari bersih-bersih hingga memperhatikan posisi. Diyakini dapat menciptakan Feng Shui yang baik di hunian rumah Anda, kira-kira apa saja tipsnya?

Tujuan dari Feng Shui adalah mencapai energi yang harmonis di rumah dengan mempertahankan keseimbangan Yin dan Yang.

Mengutip dari Planation Homes, Yin sendiri adalah energi pasif yang memungkinkan terjadinya relaksasi, sedangkan Yang adalah energi aktif yang mendukung produktivitas dan sosialisasi.

Menurut Feng Shui, perlu ada Yin dan Yang dalam di beberapa ruangan dalam sebuah rumah. Misalnya, Yin sangat bagus untuk kamar tidur dan kamar mandi, sementara Yang akan dibutuhkan di dapur, pintu depan dan ruang makan.

Tidak hanya itu, interaksi lima elemen (air, api, kayu, tanah, logam) dan kekuatan dari keseimbangan Yin dan Yang inilah yang dapat menciptakan rumah seimbang dan lingkungan yang mengundang energi positif masuk.

Dalam budaya China, energi positif inilah yang disebut qi atau diucapkan chi. Lalu, bagaimana cara menerapkan Feng Shui dalam rumah?

Baca Juga: Praktis! Inilah 3 Cara Feng Shui Rumah yang Mudah Diterapkan, Simak Yuk

Melansir Planation Homes, berikut 5 tips Feng Shui Anda coba di rumah:

Interior rumah

1. Pastikan jalan menuju pintu rumah Anda tetap bersih 

Dalam Feng Shui, pintu depan dikenal sebagai mulut qi, titik di mana energi dapat masuk dan mengalir. Membersihkan jalan menuju pintu depan akan memberikan sambutan hangat energi postitif datang ke rumah Anda.

Lihatlah ke sekiling teras untuk memeriksa pohon atau benda lain yang menghalangi masuknya qi ke dalam rumah.

2. Pelajarai posisi perintah (command position)

Posisi komando memungkinkan Anda untuk mengendalikan hidup dan bersiap menyambut apa yang datang.

Cara mudah untuk melakukan hal ini adalah menempatkan furnitur secara diagonal dari pintu rumah Anda. Dengan demikian, Anda dapat melihat siapa atau apa yang masuk ke rumah, ini juga sekaligus menandakan posisi kekuasaan yang sebenarnya.

Posisi perintah ini juga dapat Anda gunakan untuk meletakan tempat tidur, sofa dan meja kantor di rumah.

Baca Juga: Tips Pintu Rumah Menurut Feng Shui di Tahun 2022, Apa yang Harus Dihindari?

3. Rapikan dan bersihkan segala sesuatu yang berantakan di seluruh ruangan rumah

Feng Shui adalah tentang menjaga keseimbangan antara elemen-elemen di dalam rumah. Jika rumah Anda menampung hal-hal yang membuat energi tidak seimbang, itu sama saja menghalangi aliran qi.

Sesuatu yang berantakan dapat menandakan pikiran yang tidak terorganisir dan ini juga dapat membebani Anda.

Mengatur ruangan supaya bersih juga dapat membuat Anda dapat berpikir dengan bebas.

4. Memperlambat aliran energi

Setelah hal-hal yang berantakan sudah dibereskan, yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah memperlambat aliran energi. Jika energi positif sudah berada di rumah, sebisa mungkin pertahankan.

Anda dapat menempatkan lukisan atau karya seni, permadani, tanaman atau barang yang membuat orang berhinti sejenak ketika melihatnya. Ini juga diyakini dapat memperlambat aliran energi yang ada di rumah Anda.

5. Penempatan rumah yang bijak

Jika Anda berencana atau ingin memiliki rumah baru, hindari tinggal di tempat-tempat yang sekiranya kurang nyaman. Misalnya, berada di dekat kuburan, dekat tempat pembuangan sampah dan pembangkit listrik.

Hindari juga tinggal di sebuah rumah yang berada di persimpangan berbentuk huruf "T", diyakini dapat mengirim banyak energi langsung ke rumah Anda.

Sesuatu yang berlebihan nampaknya terdengar kurang baik, bukan?

Demikian beberapa tips Feng Shui yang mungkin dapat Anda coba di rumah. Bagaimana menurut Anda? Mulailah dari yang mudah dulu untuk mencapai Feng Shui yang seimbang di rumah Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru