Coba 7 cara membersihkan pembuluh darah ini, bisa pakai bahan alami

Rabu, 01 Desember 2021 | 09:03 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Coba 7 cara membersihkan pembuluh darah ini, bisa pakai bahan alami

ILUSTRASI. Berhenti merokok termasuk salah satu cara membersihkan pembuluh darah.


KESEHATAN - JAKARTA. Cara membersihkan pembuluh darah penting untuk Anda lakukan supaya bisa menghindari banyak penyakit. Biasanya, pembuluh darah yang kotor dipenuhi dengan kolesterol atau plak. Hal itu bisa mempersempit pembuluh darah sehingga aliran darah pun dapat terganggu.

Jika kolesterol terus menumpuk di pembuluh darah, sel darah putih akan datang untuk mengatasi kondisi itu. Masalahnya, datangnya sel darah putih untuk melawan kolesterol bisa menyebabkan inflamasi. Saat inflamasi terjadi dan sel darah putih ikut menumpuk, pembuluh darah menjadi lebih tersumbat.

Kondisi itu berisiko menimbulkan serangan jantung dan masalah kesehatan yang lain. Maka dari itu, cara melancarkan pembuluh darah yang tersumbat perlu Anda coba supaya kondisi kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan bisa terjaga.

Berhenti Merokok

Membersihkan pembuluh darah secara alami juga bisa Anda coba dengan menghentikan kebiasaan merokok, lo. Berhenti merokok dapat meningkatkan jumlah kolesterol baik dalam tubuh. Jika Anda kesulitan untuk menghentikan kebiasaan itu, tidak ada salahnya untuk meminta saran dari dokter.

Baca Juga: Praktikkan 5 kebiasaan ini jika ingin punya kulit sehat, mudah kok!

Kurangi Alkohol

Sebenarnya, mengonsumsi alkohol dalam takaran yang sesuai justru bisa meningkatkan jumlah kolesterol baik. Namun, bukan berarti Anda perlu memulai kebiasaan minum alkohol, ya. Jika Anda sering mengonsumsi alkohol berlebih, segera kurangi jumlahnya hingga Anda benar-benar berhenti.

Olahraga Secara Rutin

Rajin olahraga termasuk cara membersihkan pembuluh darah.

Cara membersihkan pembuluh darah yang pertama adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Jika Anda belum terbiasa melakukannya, Healthline (healthline.com) merekomendasikan Anda untuk mencoba berjalan selama satu hingga dua kali dalam seminggu.

Jika Anda sudah terbiasa dengan jadwal itu, tingkatkan frekuensi olahraga. Seiring berjalannya waktu, usahakan untuk olahraga minimal 30 menit sebanyak lima kali dalam satu minggu. Bila perlu, konsultasikan dengan dokter tentang jenis olahraga apa yang cocok dengan kondisi Anda.

Manfaatkan Bluberi

Bluberi adalah salah satu jenis buah yang dipenuhi dengan antioksidan. Maka dari itu, rutin mengonsumsi bluberi sangat baik untuk kondisi pembuluh darah. Anda bisa mengonsumsi bluberi secara langsung atau mengolahnya dulu jadi jenis makanan lain, misalnya smoothie.

Baca Juga: Mudah dilakukan, ini 6 cara membersihkan pembuluh darah

Konsumsi Jenis Makanan Tertentu

Ada beberapa jenis makanan untuk membersihkan pembuluh darah, lo. Misalnya, alpukat, ikan, oatmeal, dan makanan berserat. Selain mengonsumsi makanan-makanan tersebut, pastikan untuk menghindari konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh, lemak trans, dan pemanis buatan.

Minum Kopi

Salah satu cara membersihkan pembuluh darah adalah dengan minum kopi.

Rutin mengonsumsi kopi bisa mengurangi jumlah lemak dan kolagen yang menumpuk di liver. Ketika hal itu terjadi, kondisi pembuluh darah bisa lebih baik. Namun, pastikan untuk minum kopi tanpa pemanis tambahan karena justru bisa memperburuk kondisi tubuh Anda.

Menurunkan Berat Badan

Cara membersihkan pembuluh darah lainnya adalah dengan menurunkan berat badan Anda. Healthline mengatakan, berat badan berlebih dapat meningkatkan jumlah kolesterol jahat. Artinya, risiko penumpukan plak pada pembuluh darah pun meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru