Dapat Pertanyaan Alasan Resign dari Kantor Sebelumnya? Ini Tips Menjawabnya

Senin, 31 Januari 2022 | 15:16 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Dapat Pertanyaan Alasan Resign dari Kantor Sebelumnya? Ini Tips Menjawabnya

ILUSTRASI. Dapat Pertanyaan Alasan Resign dari Kantor Sebelumnya? Ini Tips Menjawabnya


KONTAN.CO.ID -Jakarta.  Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pihak personalia atau HRD perusahaan adalah alasan mengapa pelamar resign atau mengundurkan diri dari perusahaan sebelumnya. 

Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda perlu tips agar jawaban yang disampaikan tempat tanpa memberikan kesan yang negatif terhadap kantor sebelumnya.

Ada berbagai alasan mengapa seorang karyawan memilih mengundurkan diri. Bisa karena memang ingin istirahat atau mencari kesempatan di kantor lain. 

Bersumber dari The Balance Career, ada beberapa alasan mengapa perusahaan menanyakan hal tersebut eperti apakah Anda resign secara mandiri, di-PHK, atau karena kontrak yang sudah habis namun tidak diperpanjang. 

Baca Juga: Lowongan Kerja Besar-Besaran di BUMN Bio Farma 2022, Ini Posisi yang Ditawarkan

Perusahaan juga ingin melihat hubungan Anda dengan perusahaan sebelumnya serta apakah alasan Anda valid dan masuk akal. 

Berikut tips menjawab pertanyaan mengenai alasan resign dari perusahaan sebelumnya dirangkum dari The Balance Career dan Flex Job.

  • Mencari pengalaman baru

Gunakan kesempatan ini untuk menjelaskan kemampuan Anda. Berikan alasan jika Anda ingin menantang diri dengan kemampuan yang dimiliki. 

Hindari mengatakan jika pekerjaan Anda sebelumnya monoton atau membuat Anda merasa bosan. Jika Anda menjawab dengan jawaban tersebut, pihak perusahaan bisa menilai Anda sebagai pribadi yang tidak konsisten karena cepat bosan. 

  • Hubungan kerja tidak baik

Mungkin alasan Anda mengundurkan diri karena hubungan kerja yang tidak baik. Bisa karena atasan, teman, atau lingkungan kerja yang tidak kondusif. 

Hindari kata-kata negatif tentang perusahaan sebelumnya. Ubah kalimat Anda menjadi lebih positif seperti lingkungan yang berubah dari yang Anda inginkan. 

Tambahkan jika Anda mencari lingkungan yang bisa berkolaborasi dengan baik agar performa meningkat. 

  • Mencari pekerjaan yang fleksibel

Hati-hati dengan jawaban untuk alasan ini. Jangan menjawab secara gamblang jika Anda menginginkan waktu kerja fleksibel.

Berikan jawaban yang logis tentang hubungan kinerja dengan jam kerja. Utarakan alasan bagaimana jam kerja bisa meningkatkan produktifitas pekerja. 

Baca Juga: 15 Kampus Terbaik di Indonesia 2022 versi AD Scientific Index, Unair Nomor 1

  • Jujur tapi tidak berlebihan

Jangan pernah menjawab pertanyaan dengan jawaban yang berlebihan terlebih berbohong. Tetap jawab dengan jujur alasan mengapa Anda resign dari perusahaan sebelumnya. 

Namun demikian, usahakan jawaban Anda tidak terlalu jujur dan detail. Berikan jawaban yang general tanpa memberikan detail-detail yang tidak penting. 

  • Tidak menjelekkan

Anda mungkin memilih resign karena sebuah masalah di perusahaan sebelumnya. Masalah seperti atasan yang terlalu menekan hingga hubungan dengan karyawan yang tidak baik bisa menjadi faktor seseorang memilih mengundurkan diri.

Meskipun demikian, sangat tidak pantas jika Anda berkata negatif tentang perusahaan sebelumnya saat interview kerja. 

Hindari memberikan komentar negatif seperti gaji yang rendah, lingkungan kerja yang tidak sehat, dan keburukan lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru