Dari bahan yang mudah Anda temukan, ini 4 obat tekanan darah tinggi

Jumat, 08 Oktober 2021 | 20:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Dari bahan yang mudah Anda temukan, ini 4 obat tekanan darah tinggi

KONTAN.CO.ID - Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah suatu kondisi yang tidak boleh Anda remehkan. Salah satu cara mengatasinya, dengan mengonsumsi obat tekanan darah tinggi.

Tidak perlu khawatir, ada banyak makanan yang bisa Anda manfaatkan. Bila tak terkontrol, tekanan darah tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan penyakit lain yang membahayakan kesehatan tubuh Anda.

Mengutip dari Medicine Net, Anda bisa menggunakan DASH atau Diet Approaches to Stop Hypertension. Selain mengonsumsi DASH, Anda perlu membatasi konsumsi garam atau natrium.

Sebab, hal itu bisa memperparah tekanan darah yang mana berdampak buruk untuk kesehatan. Alih-alih mengonsumsi banyak garam, Anda bisa mengonsumsi beberapa pilihan bahan alami ini:

Produk olahan susu rendah lemak

Terlalu banyak mengonsumsi produk olahan susu, seperti keju atau yogurt, memang tak baik untuk kesehatan tubuh Anda. Apalagi, bagi Anda yang menderita penyakit tekanan darah tinggi.

Namun, bila Anda benar-benar ingin mengonsumsinya, pilihlah produk olahan susu rendah lemak.

Baca Juga: 3 Minuman sehat penurun tekanan darah tinggi yang mudah dibuat di rumah

Sayur

Sayur yang biasa Anda temui bisa jadi obat tekanan darah tinggi, lo. Ada banyak nutrisi yang terkandung dalam sayur, mulai dari kalium, serat, magnesium, hingga vitamin serta mineral yang lain.

Untuk memaksimalkan efeknya, cobalah untuk mengonsumsi empat sampai lima porsi sayur per hari. Brokoli, kembang kol, labu, dan tomat adalah beberapa jenis bahan alami yang bisa Anda jadikan pilihan.

Ada banyak cara untuk mengolah jenis makanan tersebut. Salah satunya adalah dengan mengolahnya menjadi smoothie.

Kacang-kacangan

Selain sayur, kacang-kacangan juga bisa Anda manfaatkan sebagai obat tekanan darah tinggi. Salah satu nutrisi yang banyak ditemui dalam beberapa jenis kacang adalah magnesium.

Tidak berhenti sampai di situ, kacang-kacangan juga mengandung jenis serat yang baik untuk kesehatan jantung Anda.

Baca Juga: Kaya antioksidan, ini 5 minuman yang efektif menurunkan darah tinggi

Buah

Jeruk bisa jadi obat tekanan darah tinggi.

Medicine Net juga merekomendasikan beberapa jenis buah untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Sama seperti jenis makanan yang sudah disebutkan, buah dipenuhi dengan berbagai macam gizi yang Anda butuhkan supaya tetap sehat.

Ada banyak jenis buah yang bisa Anda pilih, misalnya, apel, melon, jeruk, dan lain-lain. Bila Anda ingin beli buah kaleng, pastikan buah kaleng tersebut tidak dicampur dengan pemanis tambahan karena berbahaya untuk kesehatan.

Selanjutnya: Baik untuk kesehatan Anda, kenali 6 manfaat nanas ini

Editor: Belladina Biananda
Terbaru