Efektif, begini 4 cara mudah menghilangkan bau kaki

Rabu, 27 Oktober 2021 | 09:05 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Efektif, begini 4 cara mudah menghilangkan bau kaki

ILUSTRASI. Ada banyak bahan alami yang bisa dipakai sebagai cara menghilangkan bau kaki./Pho KONTAN.Carolus Agus Waluyo/04/06/2012.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bau kaki memang tidak membahayakan kesehatan tubuh Anda. Namun, bukan berarti Anda bisa mengabaikannya. Cara menghilangkan bau kaki sebaiknya segera Anda lakukan supaya masalah itu tidak mengganggu kepercayaan diri Anda.

Bakteri yang bercampur dengan keringat jadi penyebab bau kaki. Apalagi jika Anda sering menggunakan sepatu sehingga membuat kaki menjadi lebih lembab. Untuk itu, Anda perlu memerhatikan alas kaki yang Anda pakai sehari-hari.

Selain mengatur pemakaian alas kaki, ada beberapa jenis bahan alami yang dapat Anda manfaatkan. Usahakan untuk menggunakannya secara rutin supaya bau kaki bisa hilang dengan lebih cepat. Jangan lupa pula untuk melakukan uji coba dulu, ya.

Minyak Lavender

The Healthy (thehealthy.com) menyebutkan bahwa minyak lavender bisa membunuh bakteri. Selain itu, aromanya yang segar bisa membantu menghilangkan bau kaki yang kurang sedap. Caranya, Anda hanya perlu menggosokkan minyak lavender di seluruh kaki lalu diamkan selama Anda tidur di malam hari.

Baca Juga: 5 Manfaat cuka apel, bisa menurunkan gula darah, lo

Tepung Jagung

Tahukah Anda bahwa tepung jagung bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau kaki? Jenis tepung itu bisa menyerap keringat sehinga kondisi kaki Anda bisa tetap kering. Anda hanya perlu menggunakan tepung jagung sebanyak satu sampai dua kali dalam satu hari.

Teh Hitam

Salah satu cara menghilangkan bau kaki adalah memakai teh hitam.

Obat bau kaki berikutnya yang direkomendasikan oleh The Healthy adalah teh hitam. Tannic acid yang terdapat dalam teh hitam mampu membunuh bakteri penyebab bau kaki. Selain itu, teh hitam juga mampu menjaga kondisi kaki tetap kering.

Langkah yang perlu Anda lakukan sangat mudah. Pertama, rebus dua kantung teh hitam dalam 1 L air selama 15 menit. Setelah itu, sisihkan kantung teh lalu tambahkan 2 L air dalam air rebusan itu. Setelah dingin, rendam kaki selama 15 sampai 30 menit. Usahakan untuk mengulanginya setiap hari, ya.

Baca Juga: Pakai bahan alami, coba 4 cara menghilangkan bau badan ini, yuk

Cuka Apel

Salah satu manfaat cuka apel adalah digunakan sebagai cara menghilangkan bau kaki.

Cara menghilangkan bau kaki lainnya yang patut Anda coba adalah dengan memanfaatkan cuka apel. Antimikroba dalam cuka apel bisa membunuh bakteri yang menyebabkan bau kaki. Anda hanya perlu merendam kaki dalam sebuah wadah berisi air hangat yang ditambah dengan 1/3 gelas cuka apel.

Selanjutnya: 4 Cara menghilangkan bau badan ini mudah dipraktikkan, lo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru