Hal-hal yang perlu Anda tahu sebelum, saat, dan setelah menerima vaksin Covid-19

Kamis, 23 September 2021 | 05:20 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Hal-hal yang perlu Anda tahu sebelum, saat, dan setelah menerima vaksin Covid-19

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Data pemerintah menunjukkan, hingga Senin (20/9/2021), jumlah masyarakat Indonesia yang sudah divaksinasi dosis kedua mencapai 45.224.650 orang. Ini artinya, pemerintah sudah mencapai target 21,17% dari total sasaran vaksinasi. 

Sedangkan jumlah masyarakat yang sudah disuntik vaksin Covid-19 dosis pertama yakni sebanyak 79.657.762 orang atau 38,25%.

Dari data tersebut terlihat, sebagian besar masyarakat Indonesia belum mendapatkan vaksinasi. Alasannya beragam. Mulai dari penyebaran vaksin Covid-19 yang tidak merata, hingga adanya kecemasan atau kekhawatiran untuk divaksin karena efek sampingnya. 

Alhasil, wajar jika sebagian orang masih bertanya-tanya mengenai proses vaksinasi dan apa saja yang perlu diantisipasi saat giliran mereka tiba nanti.

Agar tidak cemas, berikut sejumlah informasi dan kiat dari UNICEF seputar hal-hal yang berkaitan dengan vaksinasi Covid-19. Informasi ini dihimpun dari unicef.org/indonesia.

Baca Juga: Capaian vaksinasi dosis pertama masih di bawah 50%, ini jawaban pemerintah

Sebelum menerima vaksin

Cari tahu informasi akurat 

Terdapat begitu banyak informasi keliru tentang vaksin di dunia maya. Sangat penting bahwa kita selalu merujuk kepada informasi dari sumber-sumber terpercaya seperti Kementerian Kesehatan, UNICEF, dan WHO. 

Anggota masyarakat yang ragu tentang kondisinya  dapat berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu tentang boleh atau tidak menerima vaksin. Saat ini, secara umum, seseorang dengan kondisi berikut sebaiknya tidak menerima vaksin COVID-19 demi menghindari kejadian ikutan pasca vaksinasi (KIPI):

  • Orang dengan riwayat reaksi alergi berat terhadap kandungan vaksin COVID-19
  • Orang yang sedang sakit atau sedang mengalami gejala COVID-19 (vaksinasi dapat dilakukan setelah sembuh dan dengan persetujuan dokter).
  • Berkonsultasi dengan dokter. Orang yang pernah mengalami reaksi alergi berat setelah menerima vaksin, atau memiliki obat yang dikonsumsi secara rutin, perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengikuti program vaksinasi.
  • Pastikan tubuh dalam kondisi bugar. Beristirahat dan minumlah air putih yang cukup agar Anda merasa bugar pada hari vaksinasi.

Baca Juga: Vaksin merah putih direncanakan menjadi booster vaksin Covid-19 di tahun depan

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru