Harus telaten dan cermat , begini cara merawat furnitur kulit

Kamis, 05 Agustus 2021 | 05:40 WIB   Reporter: Kania Paramahita
Harus telaten dan cermat , begini cara merawat furnitur kulit

KONTAN.CO.ID - Merawat furnitur berbahan kulit memang susah-susah gampang, baik kulit asli maupun sintetis. Pasalnya, permukaan furnitur berbahan kulit mudah sekali meninggalkan bekas apabila terkena tumpahan cairan atau tergores.

Namun, bukan berarti furnitur berbahan kulit mustahil untuk dirawat. Jika diperlakukan dan dirawat dengan baik, furnitur kulit bisa awet hingga bertahun-tahun dan tetap terlihat cantik.

Jika Anda memiliki furnitur kulit atau sedang berencana membeli furnitur berbahan kulit, coba simak artikel ini. Dilansir dari thespruce.com, bhg.com, dan hgtv.com, berikut langkah yang perlu diterapkan untuk merawat furnitur berbahan kulit.

Baca Juga: Resep Semur Telur Ceplok Daun Melinjo, Sajian Masakan Ibu yang Bikin Kangen Rumah

Bersihkan secara teratur

Seperti furnitur berbahan lainnya, furnitur kulit perlu dibersihkan secara teratur supaya awet. Pada dasarnya, furnitur kulit cukup dibersihkan menggunakan kain lembut yang kering untuk menyingkirkan debu dan kotoran. Atau, Anda bisa menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan sela-sela furnitur yang sulit dijangkau.

Jika kotorannya cukup bandel, Anda bisa menggunakan kain lembut yang sedikit dibasahi untuk mengusap furnitur. Namun, sebelumnya coba di bagian tersembunyi untuk memastikan lapisan kulit pada furnitur tidak menyerap air dan meninggalkan bekas.

Bersihkan dari tumpahan air dan noda

Membersihkan secara rutin memang bagus, tapi ada kalanya Anda perlu membersihkan furnitur kulit dengan ekstra karena tidak sengaja menumpahkan cairan atau menodai permukannya.

Untuk tumpahan air atau cairan lainnya, cukup tekan-tekan dengan kain supaya seluruh cairannya terserap dan biarkan nodanya kering sendiri. Jika Anda mengusap bekas tumpahan tersebut, Anda malah akan menyebarkan cairannya ke sisi lain permukaan furnitur.

Sebaiknya hindari penggunaan bahan kimia pada permukaan furnitur kulit karena dapat merusak lapisan kulit. Bahan kimia yang dimaksud contohnya sabun, cairan pembersih, deterjen, atau alkohol.

Selain itu, hindari meletakkan benda yang mengandung tinta atau cat seperti spidol di dekat furnitur kulit karena noda tinta dan cat sangat sulit untuk dihilangkan dari permukaan kulit.

Baca Juga: Promo Superindo 5 Agustus 2021, diskon sehari sebelum JSM!

Hindarkan dari sinar matahari

Seperti kayu, furnitur kulit merupakan jenis furnitur yang sensitif terhadap perubahan panas. Oleh karena itu, hindarkan furnitur kulit dari paparan sinar matahari atau tempat yang rentan terkena panas di rumah.

Paparan sinar matahari dan perubahan suhu yang ekstrim dapat menyebabkan permukaan furnitur kulit mengering dan mengelupas. Bahkan, warna pada furnitur kulit dapat memudar bila terus-terusan terkena sinar matahari.

Beri perlindungan

Untuk menghindari kerusakan atau noda-noda akibat kecerobohan Anda atau penghuni rumah lainnya, tidak ada salahnya untuk berinvestasi pada perlindungan furnitur kulit.

Anda bisa menggunakan produk pelindung furnitur kulit yang banyak dijual di pasaran, termasuk e-commerce langganan Anda. Atau, Anda bisa menyewa jasa profesional untuk membantu membersihkan dan memberi lapisan perlindungan pada furnitur kulit Anda.

Bagaimana, tidak sulit kan merawat furnitur kulit? Selamat mempraktekkan!

Selanjutnya: Rekomendasi Air Purifier Terjangkau di Bawah 2 Juta, Tetap Berkualitas!

Editor: Kania Paramahita
Terbaru