Hati-Hati! 5 Efek Samping Terlalu Banyak Mengkonsumsi Makanan Pedas

Minggu, 12 Juni 2022 | 08:30 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Hati-Hati! 5 Efek Samping Terlalu Banyak Mengkonsumsi Makanan Pedas


KESEHATAN - Mengkonsumsi makanan pedas terlalu banyak dapat membahayakan kesehatan. Salah satu efek samping mengkonsumsi makanan pedas adalah membuat sistem pencernaan tidak lancar. 

Pasalnya, mengkonsumsi makanan pedas secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan. Sebaliknya rasa pedas jika dikonsumsi secara pas bisa memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan.

Rasa pedas dalam makanan sendiri muncul dari zat yang bernama capsaicin. Capsaicin tersebut biasanya ada terkadung di cabai.

Baca Juga: 4 Makanan yang Menyehatkan Bagi Penderita Asam Lambung, Mau Coba?

Melansir dari The Health Site, simak efek samping jika Anda terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas berikuti ini: 

Mulas

Mengkonsumsi makanan pedas secara berlebihan  dapat menimbulkan perut mulas. Selain itu, makanan pedas juga harus dihindari bagi Anda yang mempunyai riwayat penyakit maag, karena dapat memicu maag kambuh juga.

Mengiritasi Usus 

Jika Anda penyuka makanan pedas, Anda harus berhati-hati. Pasalnya, terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas dapat mengiritasi usus Anda loh. Salah sayu gejala awalnya adalah Anda akan menjadi sering ke kamar mandi untuk buang air besar.

Baca Juga: 5 Penyebab Migrain yang Perlu Anda Ketahui, Waspada!

Mengiritasi Bibir

Selain usus, mengkonsumsi makanan pedas juga dapat mengiritasi bibir. Jika mengalami iritasi, bibir akan kering dan merasa terbakar. Oleh karena itu usahakan jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas.

Mengurangi Sensitivitas Indera Perasa

Efek samping banyak mengkonsumsi makanan pedas selanjutnya yang perlu Anda waspadai adalah dapat mengurangi sensitivitas indera perasa. Jadi, pikirkan dua kali sebelum Anda menambahkan bubuk cabai merah atau berbagai jenis makanan pedas lainnya.

Baca Juga: Wajib Tahu! 5 Manfaat Minum Kopi Hitam Tanpa Gula

Membuat Anda Berkeringat

Efek samping yang terakhir, mengkonsumsi makanan pedas dapat membuat Anda berkeringat. Capsaicin dalam cabai memanaskan tubuh Anda, itulah sebabnya Anda mungkin akan banyak berkeringat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru