Ingat! 26 Juli pendaftaran CPNS ditutup, cek lagi cara buat akun di sscasn.bkn,go.id

Minggu, 25 Juli 2021 | 03:30 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Ingat! 26 Juli pendaftaran CPNS ditutup, cek lagi cara buat akun di sscasn.bkn,go.id


KONTAN.CO.ID - Pendaftaran CPNS dan PPPK akan ditutup pada tanggal 26 Juli 2021. Peserta yang belum mendaftar bisa terlebih dahulu membuat akun di portal sscasn.bkn.go.id.  

Akun tersebut nantinya akan digunakan untuk mendaftar formasi baik CPNS, Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru, maupun PPK non guru.

Sebelum membuat akun, pastikan Anda telah menyiapkan beberapa dokumen untuk mempermudah proses pembuatan akun SSCASN. 

Pastikan semua dokumen persyaratan sudah sesuai dengan ketentuan yang dipersyaratkan agar tidak menimbulkan kesulitan di kemudian hari.

Dokumen yang perlu disiapkan saat mendaftar akun di laman SSCASN diantaranya:

  • Kartu Keluarga
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. 
  • Ijazah
  • Transkrip nilai.
  • Pas foto
  • Swafoto/selfie. 
  • Dokumen lain sesuai dengan ketentuan jenis seleksi dan instansi yang akan dilamar.

Baca Juga: Ini perawatan yang tepat bagi pasien positif Covid-19 sesuai tingkatan gejala

Berikut ini tata cara pembuatan akun di portal SSCASN BKN yang digunakan untuk mendaftar CPNS 2021, dirangkum dari laman sscasn.bkn.go.id

Tata cara membuat akun SSCASN

Pengecekan identitas

1. Mengakses laman https://sscasn.bkn.go.id/.
2. Klik "Buat Akun" yang tersedia di halaman depan situs SSCASN BKN. 
3. Isi data sesuai dengan KTP diantaranya:

  • Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  • Nomor Kartu Keluarga. 
  • Nama Lengkap.
  • Tempat Lahir.
  • Tanggal Lahir.

4. Jika muncul Pesan Galat NIK dan No KK tidak sesuai, peserta dipersilahkan mengikuti instruksi pada Pesan Galat, dan bukan menghubungi instansi atau BKN. 
5. Masukkan nomor handphone dan email pribadi yang aktif.
6. Masukkan kode CAPTCHA. 
7. Setelah semua data dimasukkan, klik "Lanjutkan". 

Melengkapi data

1. Langkah ini bertujuan untuk membandingkan data pelamar di KTP dengan di ijazah. Proses pemberkasan CPNS menggunakan data Ijazah sebagai data pokok kepegawaian yang terdiri dari Nama Lengkap sesuai yang tercantum di ijazah, Tempat Lahir, dan Tanggal Lahir. 
2. Kemudian lengkapi data pada kolom yang masih belum terisi yaitu alamat email, nama tanpa gelar (sesuai ijazah), tempat lahir (sesuai KTP), Kabupaten/Kota lahir (sesuai Ijazah), dan tanggal lahir (Sesuai Ijazah).
3. Pilih jenis kelamin yang sesuai.
4. Klik "Choose File" untuk mengunggah foto scan KTP sesuai dengan ketentuan, kemudian klik "Open".
5. Klik "Choose File" untuk mengunggah swafoto sesuai dengan ketentuan, kemudian klik "Open".

Baca Juga: Tips jitu mengatasi Android lemot tanpa perlu pergi ke tempat service

6. Isikan data lain diantaranya:

  • Password dan konfirmasi password. Masukan password yang mudah diingat bila perlu catat dan simpan password Anda karena akan digunakan untuk login pendaftaran SSCN.
  • Pertanyaan pengaman 1. Pilih pertanyaan pengaman Anda.
  • Jawaban pengaman 1. Masukan jawaban pertanyaan pengaman 1 yang telah Anda pilih. Diimbau untuk mencatat dan menyimpan Jawaban Pengaman 1 Anda.
  • Pertanyaan pengaman 2. Pilih pertanyaan pengaman Anda.
  • Jawaban pengaman 2. Masukan jawaban pertanyaan pengaman 2 yang telah Anda pilih. Diimbau untuk mencatat dan menyimpan Jawaban Pengaman 2 Anda.

7. Masukan kode CAPTCHA.
8. Pastikan data yang diisikan sudah lengkap dan benar. Data yang telah disimpan tidak dapat diperbaiki atau diubah. Selanjutnya klik "Lanjutkan".

Pengecekan ulang data

  • Cek kembali seluruh informasi yang tertera pada halaman Pendaftaran Akun SSCASN 2021. 
  • Perhatikan swafoto, NIK, nama lengkap, tempat Lahir, tanggal lahir (sesuai KTP), nama lengkap, tempat lahir, tanggal lahir (sesuai Ijazah), email; dan nomor handphone. 
  • Klik "Kembali" untuk memperbaiki data yang telah dimasukkan, dan klik "Proses Pendaftaran Akun" untuk memproses pendaftaran akun. 
  • Pastikan data benar-benar sudah lengkap dan benar karena setelah proses pendaftaran, data tidak bisa diperbaiki. 
  • Sebelum akhiri proses pendaftaran akun, pelamar akan ditanyakan kembali, apakah data yang dimasukkan sudah sesuai atau belum, klik "Iya" jika data yang dimasukkan sudah benar. 
  • Akan muncul informasi "Langkah 4: Pendaftaran Selesai". 
  • Pilih menu "Cetak Informasi Pendaftaran" untuk mencetak kartu informasi akun.

Selanjutnya: Sedang cari kerja? BUMN ini buka lowongan di banyak posisi, cek detailnya ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Halaman   1 2 Tampilkan Semua
Editor: Tiyas Septiana

Terbaru