Ingin tahu cara mengecilkan betis? Simak 4 hal ini

Rabu, 25 Agustus 2021 | 12:18 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ingin tahu cara mengecilkan betis? Simak 4 hal ini

ILUSTRASI. Ada banyak cara mengecilkan betis yang bisa Anda praktikkan. REUTERS/Ilya Naymushin TPX IMAGES OF THE DAY

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak cara mengecilkan bertis yang bisa Anda lakukan. Mulai dari mengurangi asupan kalori sehingga jumlah lemak berkurang, hingga rajin olahraga supaya otot di bagian betis lebih terbentuk.

Setiap orang membutuhkan asupan kalori yang berbeda-beda. Anda bisa menghitung jumlah kalori yang Anda butuhkan dengan kalkulator kalori. Selain itu, berkonsultasi dulu dengan dokter juga bisa Anda coba.

Setelah mengetahui jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh, usahakan untuk tidak mengonsumsi kalori lebih dari jumlah tersebut. Selain mengatur asupan kalori, cobalah beberapa cara di bawah ini supaya ukuran betis mengecil.

Atur Makanan

Mengatur makanan yang Anda konsumsi sehari-hari penting untuk Anda lakukan. Seperti yang telah dikatakan, Anda perlu membatasi konsumsi kalori. Mengutip dari Livestrong.com, Anda bisa mengisi menu diet sehat Anda dengan makanan kaya protein, sayur, buah, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Tak banyak yang tahu, coba 5 olahraga untuk diet ini, yuk

Rajin Olahraga

Cara mengecilkan betis berikutnya adalah dengan rajin olahraga. Usahakan untuk olahraga selama 30 hingga 60 menit sebanyak lima kali dalam satu minggu. Beberapa jenis olahraga yang bisa Anda jadikan pilihan adalah berenang, berjalan, dan berlari.

Tak hanya mencoba beberapa olahraga tersebut, jangan lupa untuk rutin melakukan olahraga kekuatan strength training exercise. Lakukan jenis olahraga itu sebanyak dua hari dalam satu minggu. Meningkatkan aktivitas fisik yang Anda lakukan sehari-hari juga perlu Anda coba.

Peregangan

Supaya ukuran betis berkurang, Livestrong.com merekomendasikan Anda untuk melakukan peregangan selama 10 menit setiap hari. Anda hanya perlu duduk di atas bidang datar lalu membungkuklah ke depan sejauh yang Anda bisa. Kembali ke posisi semula secara perlahan untuk menghindari cedera.

Baca Juga: Mau turunkan berat badan tanpa olahraga? Coba cara ini

Yoga

Yoga bisa jadi salah satu cara mengecilkan betis.

Kegiatan lain yang cocok dijadikan cara mengecilkan betis adalah yoga atau pilates. Jenis olahraga itu mampu meregangkan otot secara perlahan. Dengan begitu, kekuatan kaki menjadi lebih terlatih tanpa membentuk massa otot yang justru memperbesar ukuran betis.

Supaya beberapa cara di atas memberikan hasil yang maksimal, cobalah untuk meminta bantuan pelatih. Biasanya, pelatih akan menyesuaikan latihan sesuai dengan kondisi Anda. Dengan begitu, ukuran betis yang Anda inginkan bisa didapat secara efektif dan efisien.

Selanjutnya: Bisa menurunkan berat badan, ini 10 manfaat senam irama bagi tubuh

Editor: Belladina Biananda
Terbaru