Ini 3 Cara Cek TV Sudah Digital atau Belum bagi Pemula

Selasa, 23 Juli 2024 | 12:50 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 3 Cara Cek TV Sudah Digital atau Belum bagi Pemula

ILUSTRASI. Cek TV Sudah Digital atau Belum bagi Pemula


CARI TAHU - JAKARTA. Simak cara cek TV sudah digital atau belum dengan mudah. Siaran TV Digital memerlukan beberapa perangkat agar berhasil menangkap sinyal.

Rangkaian pemasangan perangkat tv digital memudahkan penggunanya untuk mendapatkan layanan TV dengan baik.

Salah satu aspek penting adalah adanya antena TV digital sebagai salah satu perangkat untuk menangkap sinyal siaran TV digital.

Hal ini tentu akan berbeda dengan antena TV analog yang menangkap sinyal analog, antena TV digital menangkap sinyal digital yang lebih jernih dan stabil.

Baca Juga: Cara Memasang Antena TV Digital dengan Benar untuk Tangkap Sinyal

Cek TV Sudah Digital atau Belum

LG Luncurkan TV Pintar Premium Terbaru

Kini juga telah beredar TV yang sudah dilengkapi antena digital sehingga Anda tidak memerlukan antena eksternal.

Nah, pada dasarnya saat perilisan Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kemkominfo memberikan layanan pengecekan perangkat TV sudah digital atau belum.

Kini sayangnya layanan tersebut sudah ditutup, sehingga Anda perlu memantau beberapa merk beserta spesifikasinya.

Berikut ini panduan untuk mengecek cek TV sudah digital atau belum dengan mudah.

Baca Juga: Siaran TV Hilang Sendiri? Ini Cara Mengatasi Channel Tidak Muncul di TV Digital

1. Melihat Spesifikasi TV

Metode pertama yang bisa Anda gunakan untuk memeriksa apakah TV  sudah digital atau masih analog adalah dengan memeriksa spesifikasi umum TV tersebut secara rinci.

Anda bisa melihat kardus pembelian atau beberapa kertas kecil yang biasanya ada dalam panduan penggunaan TV saat membelinya. Jika semua ini sudah tidak ada, mencari informasi di internet dapat membantu mengecek spesifikasi TV di rumah secara menyeluruh.

Beberapa merk melabeli seri TV digital dengan Smart TV atau Android TV.

2. Cek Stiker pada Bagian TV

Ketika Anda memilih seri TV, baik digital maupun analog, biasanya ada beberapa stiker yang ditempel di perangkat ini. Stiker-stiker ini umumnya terletak di bagian belakang produk dan dapat memuat tulisan seperti DVB-T2, ATSC, HD Ready, DTV, HDTV, dan lain-lain.

Dengan memeriksa stiker ini, Anda bisa mengetahui apakah TV tersebut termasuk dalam kategori digital atau masih analog. Namun, perlu diingat bahwa setiap merek memiliki cara penulisan tersendiri, sehingga Anda harus memeriksanya dengan cermat.

3. Memeriksa Daftar Channel TV yang Tersedia

Metode terakhir untuk mengetahui apakah TV digital atau analog adalah dengan mengamati dan memeriksa langsung siaran yang tersedia di perangkat ini.

Jika Anda menemukan tayangan dengan tulisan HD di belakangnya, maka TV tersebut sudah masuk dalam kategori siaran digital. Hanya TV digital yang dapat menerima kualitas HD saat menonton siaran televisi.

Pada TV analog, fitur ini belum tersedia, sehingga langkah ini cukup mudah dilakukan, yakni hidupkan TV dan periksa apakah ada tulisan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru