Ini 4 cara merawat kuku di rumah, mudah dilakukan

Kamis, 28 Januari 2021 | 13:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ini 4 cara merawat kuku di rumah, mudah dilakukan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sama seperti bagian tubuh yang lain, kuku Anda perlu dirawat sedemikian rupa agar tetap sehat dan terlihat cantik. Ada banyak cara merawat kuku yang bisa Anda lakukan. Selain di salon kecantikan, cara tersebut bisa Anda lakukan di rumah, lo.

Kunci penting yang perlu Anda lakukan adalah menjaga kuku agar tetap kering dan bersih. Kondisi lembab dan kotor akan memudahkan kuman dan bakteri berkembang biak sehingga risiko terkena penyakit kuku pun meningkat.

Anda bisa memakai sarung tangan saat mencuci piring atau melakukan pekerjaan rumah tangga yang lain. Jangan lupa pula untuk rutin menyikat kuku agar tak ada kotoran yang tertinggal. Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak cara lain yang bisa Anda lakukan untuk merawat kuku.

Pakai Pelembab

Mengutip dari Stylecraze (stylecraze.com), kondisi yang terlalu kering tak baik untuk kuku karena bisa membuatnya pecah-pecah. Maka dari itu, cobalah untuk memakai pelembab secara rutin agar kondisi kuku semakin sehat dan kuat.

Ada banyak pelembab yang dijual di pasaran untuk Anda pilih. Mulai dari hand cream, krim atau minyak kutikula, hingga minyak pelembab. Usahakan untuk memakainya secara rutin. Dengan begitu, kuku akan terlihat berkilau.

Baca Juga: 5 Cat kuku termahal di dunia

Berhenti Menggigit Kuku

Ada banyak orang yang memiliki kebiasaan menggigit kuku. Padahal, kebiasaan itu tak baik untuk kondisi kuku, lo. Kuku yang sering terkena air ludah menjadi lemah, rapuh, dan mudah rusak. Tak hanya itu, kondisi kutikula pun akan terganggu.

Kotoran atau kuman yang menempel di tangan bisa lebih masuk ke dalam tubuh karena hal itu. Untuk menghentikan kebiasaan menggigit kuku, cobalah untuk memakai cat kuku dengan aroma yang kurang sedap.

Pakai Disinfektan

Tidak hanya di permukaan benda, disinfektan juga perlu dipakai pada kuku Anda. Cara merawat kuku ini bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami, seperti tea tree oil. Dengan begitu, kuku akan terlindungi dari serangan kuman dan bakteri.

Baca Juga: 4 cara memutihkan kuku agar tak terlihat kusam

Potong Kuku Secara Rutin

Sama seperti rambut, Stylecraze mengatakan bahwa cara merawat kuku bisa dilakukan dengan memotongnya secara rutin. Akan lebih baik jika Anda memotong kuku secara lurus daripada membuatnya menjadi kotak atau membulatkan ujung kuku.

Selanjutnya: 5 Cara merawat kuku agar sehat dan terlihat lebih indah

Editor: Belladina Biananda
Terbaru