Ini 4 hidangan herbal yang pas untuk berbuka, menyegarkan dan sehat buat tubuh

Jumat, 30 April 2021 | 15:58 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Ini 4 hidangan herbal yang pas untuk berbuka, menyegarkan dan sehat buat tubuh

ILUSTRASI. minuman herbal untuk berbuka. KONTAN/Muradi/2020/04/18

KONTAN.CO.ID -  Kolak pisang, es teler, atau es campur mungkin sudah sering disajikan sebagai hidangan pembuka puasa. 

Seringkali masyarakat langsung menyantap takjil yang dingin atau mengandung es. Setelah berpuasa memang sangat nikmat untuk berbuka dengan sesuatu yang dingin. 

Melansir dari situs Universitas Airlangga (Unair), berbuka puasa sebaiknya dengan minuman atau makanan yang hangat. Selain hangat, sebaiknya berbuka dengan makanan atau minuman yang mengandung pemanis alami. 

Menurut Arif Pandhu, alumni Fakultas Vokasi Pengobat Tradisional Unair dalam acara yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Pengobat Tradisional Unair (25/4), pencernaan saat berpuasa seperti bayi sehingga tidak boleh gegabah saat berbuka. 

Minuman herbal bisa menjadi pilihan untuk berbuka yang baik untuk tubuh seperti contohnya teh herbal atau herb tea. 

Baca Juga: 5.074 pelamar tidak memenuhi syarat, simak lagi syarat daftar sekolah kedinasan 2021

Resep minuman herbal yang pas untuk berbuka

Tidak semua orang bisa mengkonsumsi herbal dalam keadaan kosong. Jadi sebaiknya menyesuaikan dengan kebutuhan dan kenali tubuh Anda. 

Bagi Anda yang ingin mencoba berbuka dengan minuman herbal, Pandhu memberikan empat resep berikut ini yang mudah dicoba. 

1. Golden milk atau turmeric latte yang terbuat dari susu nabati 300ml, setengah bubuk kunyit atau temulawak, seujung sendok teh kayu manis, merica secukupnya, dan gula aren atau madu sebagai pemanis. 

2. Wedang sereh yang terdiri dari sereh, kayumanis, gula, cengkeh, madu

3. Masala Chai terbuat dari bubuk campuran rempah-rempah yang ditambahkan pada minuman hangat seperti susu, coklat, atau air jeruk.

4. Pasayam (makanan khas India) yang dibuat dari kacang hijau, kayumanis, cengkeh, biji jali, kapulaga, adas, santan, pandan, dan gula.

Pastikan Anda memang terbiasa mengkonsumsi minuman atau makanan mengandung herbal saat perut sedang kosong sebelum mencoba resep-resep di atas. 

Selanjutnya: Ini ragam manfaat kolang kaling, dari membantu diet hingga kesehatan ginjal

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru