Ini 7 Manfaat Madu untuk Perawatan Rambut dan Resep Ramuannya

Senin, 22 April 2024 | 11:18 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 7 Manfaat Madu untuk Perawatan Rambut dan Resep Ramuannya

ILUSTRASI. Cairan madu


KESEHATAN - JAKARTA. Simak daftar manfaat madu untuk perawatan rambut dan ramuannya. Berkembangnya tren perawatan rambut alami telah menghadirkan minat yang lebih besar dalam penggunaan bahan-bahan alami, seperti madu, untuk merawat rambut.

Madu telah lama dikenal karena sifatnya yang melembapkan dan menyehatkan kulit, namun, manfaatnya juga membawa dampak positif bagi kesehatan rambut.

Salah satu cara yang populer untuk memanfaatkan manfaat madu untuk rambut adalah dengan membuat masker rambut madu.

Masker ini mudah dibuat di rumah dengan bahan-bahan sederhana yang biasanya sudah tersedia di dapur Anda.

Ada beberapa manfaat yang perlu diketahui sebelum menggunakan madu untuk rambut.

Baca Juga: 7 Obat Wasir Alami yang Bisa Dibuat Sendiri dan Cara Mengatasi Wasir

Manfaat madu untuk rambut

Masker rambut

Simak daftar manfaat madu untuk perawatan rambut yang dirangkum dari laman Gisou.

1. Madu Rambut Tumbuh Sehat

Anda mungkin pernah mendengar bahwa madu digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka dan mencegah infeksi. Studi menunjukkan bahwa madu memiliki kemampuan luar biasa untuk mempromosikan pertumbuhan seluler, terutama pertumbuhan sel-sel kulit epitel.

Sel-sel ini membentuk folikel rambut dan saluran rambut di kulit kepala, yang penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat.

Madu bahkan dapat membangunkan atau memperkuat folikel rambut yang menjadi dormant, yang lebih lanjut mempromosikan pertumbuhan rambut baru.

Madu juga mengandung nutrisi yang meningkatkan kekuatan dan struktur rambut, yang dapat mengurangi kerusakan untuk membantu rambut tumbuh lebih panjang dari waktu ke waktu.

2. Madu Melembutkan, Mengurai, dan Melembutkan Rambut

Madu menjadi kondisioner alami yang luar biasa karena sifat pelembabnya yang melembutkan, mengurai, dan meratakan rambut.

Madu juga mengandung nutrisi seperti vitamin, mineral, asam amino, dan antioksidan untuk melindungi rambut dari kerusakan dan meningkatkan kesehatan rambut secara keseluruhan.

3. Madu Menambah Kilau dan Bersinar

Madu memiliki sifat pelembap dan humektan yang menambah kelembapan pada folikel rambut. Ini secara alami meratakan batang rambut dan mengembalikan kilau dan kecerahan pada rambut yang kusut, kering, keriting, atau kusam.

Sifat humektan alami madu menyegel kelembapan untuk mencegah kehilangan kelembapan di masa depan juga.

Madu

4. Madu Mencerahkan Rambut

Madu mengandung enzim alami yang disebut glukosa oksidase. Ini juga mengandung gula alami yang disebut glukosa. Ketika enzim memecah glukosa, ia meninggalkan hidrogen peroksida, yang diketahui mencerahkan rambut dengan memecah melanin dalam rambut.

Meskipun madu tidak bisa memutihkan rambut seperti perawatan kimia, meninggalkan madu pada rambut untuk jangka waktu yang lebih lama bisa meningkatkan sorotan alami Anda tanpa menyebabkan kerusakan yang terkait dengan bahan kimia keras.

5. Madu Atasi Kerontokan dan Patah Rambut

Madu sarat dengan nutrisi penting untuk kesehatan rambut, termasuk jumlah kecil keratin. Keratin adalah protein yang secara alami ada dan menambah struktur dan kekuatan pada rambut.

Ketika digabungkan dengan sifat antioksidan dan efek pelembabnya, ini membuat madu menjadi pilihan yang sangat baik untuk mengatasi kerontokan dan patah rambut.

6. Madu untuk Kulit Kepala

Madu sangat bagus untuk kulit kepala karena membantu menghilangkan penumpukan yang dapat menyumbat folikel rambut dan menyebabkan kondisi seperti dermatitis. Madu juga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat meningkatkan kondisi seperti eksim dan psoriasis.

Menariknya, ketombe sering disebabkan oleh jamur atau bakteri. Karena sifat antibakteri dan efek antiinflamasi, madu juga ideal untuk mengurangi ketombe, dermatitis seboroik kronis, dan kulit kepala yang meradang yang sering menyertai kedua kondisi tersebut.

7. Madu untuk Perawatan Rambut

Madu organik adalah pilihan fantastis bagi siapa saja yang tertarik beralih ke perawatan rambut alami. Ini membersih dengan lembut sambil menambah kelembapan pada rambut.

Ini juga memberikan akar dan helai rambut suntikan asam amino penting, antioksidan, vitamin, dan mineral. Karena sifat regeneratifnya, itu juga bagus untuk kulit kepala.

Baca Juga: 6 Manfaat Putih Telur Untuk Kesehatan, Teruji Khasiatnya Secara Klinis

Ramuan dari Madu untuk Rambut

Ada banyak resep berbeda yang bisa Anda gunakan untuk membuat masker rambut madu. Melansir dari Healthline, ada salah satu yang paling dasar, dan cocok untuk rambut kering dan rusak

1. Masker Rambut

Yang Anda butuhkan hanyalah barang dan bahan berikut:

  • 1/2 cangkir madu
  • 1/4 cangkir minyak zaitun
  • mangkuk pencampur
  • topi mandi
  • kuas lukis kecil (opsional)

Anda bisa menggunakan madu mentah, organik, yang merupakan yang paling sedikit diproses dan memiliki konsentrasi antioksidan yang lebih tinggi. Namun, madu nonorganik masih harus memberikan manfaat.

2. Masker untuk pembersih kulit kepala

Bersama dengan madu, masker ini juga mengandung yogurt dan minyak kelapa. Protein dalam yogurt dapat membersihkan kulit kepala Anda dan juga menguatkan rambut Anda.

Minyak kelapa dapat membantu melembapkan dan melembutkan rambut Anda. Berikut adalah bahan yang Anda butuhkan:

  • 1/2 cangkir yogurt full fat tanpa rasa.
  • 3–4 sdm Madu
  • 2 sdm Minyak kelapa

Campur madu dan minyak kelapa, lalu panaskan campuran tersebut dalam microwave selama 15 detik. Setelah dingin, tambahkan yogurt, dan terus aduk hingga bahan-bahannya tercampur dengan baik.

Demikian beberapa informasi terkait manfaat madu untuk merawat rambut dan kulit kepala secara alami dengan mudah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru