Ini 8 Tips Mempersiapkan Puasa Agar Tubuh Semakin Sehat

Senin, 04 Maret 2024 | 11:37 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 8 Tips Mempersiapkan Puasa Agar Tubuh Semakin Sehat

ILUSTRASI. Ilustrasi manfaat puasa bagi kesehatan.


KESEHATAN - JAKARTA. Simak tips mempersiapkan puasa dengan baik agar tubuh semakin sehat. Dalam menyambut bulan suci Ramadan, persiapan yang baik adalah kunci untuk menjalani puasa dengan lancar dan penuh makna.

Pada saat puasa, konsumsi kebiasaan hidrasi Anda beberapa hari sebelum Ramadan dimulai, dengan minum cukup air setiap hari untuk memastikan tubuh Anda terhidrasi dengan baik.

Ini akan membantu Anda menghadapi hari-hari awal puasa dengan lebih nyaman. Selanjutnya, cobalah untuk mengurangi konsumsi kafein dan gula secara bertahap untuk menghindari gejala penarikan yang mungkin muncul.

Pengurangan ini tidak hanya baik untuk kesehatan Anda tetapi juga memudahkan transisi ke rutinitas puasa.

Baca Juga: Inilah Daftar Makanan untuk Menurunkan Trigliserida Tinggi

Tips mempersiapkan puasa

Menu Sahur bersama keluarga

Penting juga untuk fokus pada makanan yang kaya nutrisi. Isi sahur dan buka puasa dengan makanan yang mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat seperti biji-bijian utuh, protein tanpa lemak, buah, dan sayuran untuk menjaga energi sepanjang hari.

Anda perlu menghindari makan berlebihan saat sahur dan iftar, pilihlah makanan yang seimbang untuk menghindari rasa tidak nyaman atau mengantuk selama berpuasa.

Berikut ini tips untuk berpuasa dengan sehat dan matang, tentu saja bisa diterapkan ke Anak-anak, dilansir dari laman Sweet Institute.

Baca Juga: Apa Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan? Simak 7 Hal Ini

1. Utamakan Menjaga Cairan Tubuh

Sebelum memulai puasa, pastikan untuk banyak minum air dan tetap terhidrasi. Kesehatanmu sangat bergantung pada seberapa baik tubuh dapat terhidrasi.

2. Kurangi Kafein dan Gula Pelan-Pelan

Bila Anda terbiasa minum kafein atau minuman manis, coba kurangi sedikit demi sedikit untuk menghindari rasa tidak nyaman karena berhenti tiba-tiba. Pilihlah minuman kafein yang tidak ditambah gula atau susu.

3. Makan Makanan yang Bergizi

Sebelum puasa, isi piringmu dengan makanan yang penuh nutrisi seperti biji-bijian utuh, protein tanpa lemak, buah, sayur, dan lemak baik. Mulailah puasa dengan makanan sehat, bukan yang manis-manis.

4. Jangan Makan Berlebih

Saat makan terakhir sebelum puasa, hindari makan terlalu banyak atau makanan yang terlalu berat dan berminyak. Makanlah secukupnya agar tidak merasa tidak nyaman saat puasa.

5. Siapkan Minuman Elektrolit

Jika berencana puasa yang lama, siapkan minuman yang kaya akan elektrolit untuk menjaga keseimbangan mineral tubuhmu. Air kelapa, suplemen elektrolit, atau kaldu bisa jadi pilihan baik.

6. Istirahat dan Rawat Dirimu

Saat puasa, jangan lupa untuk istirahat dan merawat diri. Lakukan kegiatan yang membuatmu rileks seperti meregangkan badan, meditasi, atau berjalan santai. Sesuaikan aktivitas fisikmu, dan kalau perlu, istirahat dari olahraga saat baru mulai puasa.

7. Buka Puasa dengan Bijak

Rencanakan makanan kecilmu saat berbuka dengan makanan yang mudah dicerna. Hindari langsung makan besar atau makanan berminyak setelah puasa.

8. Dengarkan Tubuhmu

Perhatikan apa yang dirasakan tubuhmu selama puasa. Bila Anda merasa tidak enak badan atau tidak nyaman, lebih baik hentikan puasa dan cari bantuan medis bila perlu. Belajarlah memahami bedanya keinginan emosional dan kebutuhan fisik yang sebenarnya.

Itulah sederet tips yang bisa Anda terapkan dengan mudah dalam mempersiapkan puasa dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru