Ini dia manfaat kulit telur beserta cara mengolahnya, jangan langsung dibuang

Kamis, 25 November 2021 | 14:20 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Ini dia manfaat kulit telur beserta cara mengolahnya, jangan langsung dibuang

ILUSTRASI. Ini dia manfaat kulit telur beserta cara mengolahnya, jangan langsung dibuang.


TIPS & TRIK - Setelah mengolah telur menjadi berbagai makanan, jangan langsung membuang kulitnya. Ada beragam manfaat yang terkandung dalam kulit telur untuk kesehatan. 

Telur merupakan salah satu sumber protein hewani yang mengandung banyak sekali nutrisi. Tidak hanya bagian kuning dan putih telur saja, cangkang atau kulit telur juga mengandung segudang manfaat. 

Jika selama ini cangkang tersebut hanya menjadi sampah, sekarang Anda bisa mengolahnya untuk dijadikan masker hingga mengatasi keluhan penyakit sendi. 

Bagaimana cara mengolah kulit telur dan manfaatnya? Berikut ini rangkuman dari Instagram Dinas Pendidikan Jawa Barat (Disdik Jabar).

Baca Juga: Hati-hati trend Add Yours di Instagram bisa curi data Anda, ini modusnya

Cara mengolah kulit telur

Agar lebih mudah digunakan, Anda perlu mengolah kulit telur terlebih dahulu. Mengolah cangkang telur memerlukan waktu cukup lama, namun akan mempermudah Anda saat menggunakannya. 

Pertama, rebus cangkang agar bakteri yang menempel di luar dan di dalam cangkang hilang. Setelahnya, panggang kulit telur dalam oven bersuhu 93 derajat Celcius selama 10-15 menit. 

Setelah dipanggang, tumbuk halus atau blender cangkang telur hingga berbentuk seperti bubuk. Jika masih ragu akan kebersihan bubuk kulit telur yang sudah dibuat, Anda bisa membeli suplemen kulit telur di toko kesehatan.

Baca Juga: 15 Universitas yang punya program studi paling banyak di Indonesia versi PDDikti

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru