Inilah 6 cara menghilangkan bau ketiak, pakai bahan alami

Senin, 12 Juli 2021 | 15:25 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Inilah 6 cara menghilangkan bau ketiak, pakai bahan alami

ILUSTRASI. Ada banyak bahan alami yang bisa Anda pakai sebagai cara menghilangkan bau ketiak. KONTAN/Carolus Agus Waluyo.

KONTAN.CO.ID - Bau ketiak bisa dialami oleh siapa saja. Jika Anda salah satunya, ada banyak cara menghilangkan bau ketiak yang bisa Anda praktikkan.

Jika bau ketika terus Anda biarkan, bukan tidak mungkin Anda mengalami kesulitan untuk bersosialisasi dengan orang lain.

Perlu diketahui, bau ketiak bukan berasal dari keringat. Bakteri yang memecah protein dalam keringatlah penyebabnya.

Supaya kondisi itu tak semakin parah, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Mulai dari mengatur makanan dan minuman yang Anda konsumsi sehari-hari hingga memanfaatkan bahan alami di sekitar Anda.

Sebelum rutin memakai bahan alami berikut, pastikan untuk melakukan uji coba untuk menghindari reaksi alergi atau iritasi:

Kentang

Melansir Nykaa, bau ketiak dapat Anda atasi dengan memanfaatkan kentang. Anda hanya perlu menggosokkan irisan kentang pada ketiak lalu diamkan dulu selama 30 menit. Setelah itu, bilas ketiak dengan air.

Baca Juga: Cara memutihkan kulit ketiak yang hitam dengan bahan alami

Lidah buaya

Cara menghilangkan bau ketiak berikutnya adalah dengan memakai lidah buaya. Selain memakai lidah buaya dari tanamannya langsung, Anda bisa memakai gel lidah buaya yang dijual di pasaran.

Caranya, oleskan bahan alami itu pada ketiak, diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air.

Lemon

Tahukah Anda bahwa lemon dapat dimanfaatkan untuk mengatasi bau ketiak? Cara yang perlu Anda lakukan pun tidak sulit.

Pertama-tama, campurkan air perasan setengah lemon dengan 4 sdm air. Setelah teraduk rata, oleskan pada kulit ketiak selama 10 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Tomat

Nykaa merekomendasikan tomat sebagai cara menghilangkan bau ketiak berikutnya. Anda perlu mencampur ekstrak satu buah tomat dengan dua tetes air perasan lemon terlebih dahulu.

Aduk rata lalu pijatkan pada ketiak selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan bau ketiak ini pakai bahan alami

Minyak kelapa

Salah satu cara menghilangkan bau ketiak adalah dengan memakai minyak kelapa.

Bau ketiak juga bisa Anda hilangkan dengan memakai minyak kelapa, lo. Caranya, gosokkan minyak kelapa pada ketiak secara perlahan.

Lakukan langkah tersebut selama 15 menit kemudian diamkan lagi selama 30 menit. Selanjutnya, bilas dengan air dan keringkan ketiak dengan handuk bersih.

Cuka apel

Supaya bau ketiak hilang, tak ada salahnya untuk memakai cuka apel. Masukkan satu gelas cuka apel dan ½ gelas air dalam botol semprot lalu kocok botol tersebut agar air cuka apel teraduk rata.

Semprotkan campuran itu pada ketiak setiap sebelum tidur. Di pagi hari, bilas ketiak dengan air.

Selanjutnya: Cara menghilangkan bulu ketiak bisa pakai 8 bahan ini

Editor: Belladina Biananda
Terbaru