4 Cara menghilangkan bau ketiak ini pakai bahan alami

Senin, 14 Juni 2021 | 08:17 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara menghilangkan bau ketiak ini pakai bahan alami

ILUSTRASI. Salah satu cara menghilangkan bau ketiak bisa menggunakan tomat.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setiap orang memang memiliki bau ketiak. Sayangnya, ada beberapa kasus di mana bau ketiak yang keluar berlebihan hingga menurunkan kepercayaan diri seseorang. Jika Anda mengalami hal itu, ada banyak cara menghilangkan bau ketiak yang sebaiknya Anda coba.

Bau ketiak muncul saat bakteri memecah protein di keringat hingga menghasilkan semacam zat asam dengan bau menyengat. Kondisi itu bisa dipicu oleh berbagai macam hal. Mulai dari perubahan hormon, kondisi kesehatan tertentu, mengonsumsi makanan pedas, dan lain sebagainya.

Netmeds.com merekomendasikan Anda untuk menggunakan sabun antibakteri, memakai deodoran atau antiperpiran, dan rajin mengganti baju. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan bahan alami, lo. Dengan pemakaian rutin, bahan-bahan alami ini dapat menghilangkan bau ketiak yang tak sedap.

Teh Hijau

Jika Anda memiliki masalah bau ketiak yang sulit hilang, cobalah untuk memanfaatkan teh hijau. Jenis teh itu mengandung banyak antioksidan yang efektif mengatasi sumber masalah bau ketiak. Cara yang harus Anda lakukan pun mudah.

Pertama, rendam beberapa kantung teh hijau dalam air hangat selama beberapa menit. Setelah benar-benar basah, tempelkan pada ketiak selama lima menit kemudian bilas dengan air. Selain digunakan di ketiak, teh hijau juga mampu menghilangkan bau kaki yang tidak sedap.

Baca Juga: 4 Bahan ini bisa dijadikan cara menghilangkan bau badan

Tomat

Siapa yang gemar mengonsumsi tomat? Ternyata, tomat bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau ketiak, lo. Sama seperti teh hijau, tomat memiliki banyak antioksidan. Tidak berhenti sampai di situ, tomat juga memiliki astringen alami.

Caranya, celupkan handuk dalam jus tomat lalu oleskan handuk itu pada ketiak. Dengan pemakaian rutin, jumlah bakteri penyebab bau ketiak dan produksi keringat akan berkurang. Anda juga bisa memakai tomat pada bagian tubuh lain yang jadi sumber bau.

Baca Juga: 10 Kegunaan dari baking soda, dari penghilang bau badan hingga pemutih gigi

Cuka Apel

Mengutip dari Netmeds.com, cuka apel dapat digunakan untuk menghilangkan bau ketiak karena mengandung banyak asam asetat. Pertama, encerkan cuka apel dengan sedikit air. Celupkan kapas di campuran itu lalu oleskan pada ketiak.

Baking Soda

Baking soda bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan bau ketiak.

Cara menghilangkan bau ketiak selanjutnya adalah dengan memakai baking soda. Kandungan dalam baking soda dapat menyeimbangkan zat asam yang keluar dari keringat sehingga bau ketiak berkurang. Anda perlu mencampur baking soda dengan sedikit air lalu aplikasikanlah pada ketiak.

Selanjutnya: Cara menghilangkan bulu ketiak bisa memakai 5 bahan ini

Editor: Belladina Biananda
Terbaru