Inilah 6 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan Tubuh Anda

Jumat, 28 Januari 2022 | 10:27 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Inilah 6 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan Tubuh Anda

ILUSTRASI. Anda bisa mendapat banyak manfaat teh hijau.


KESEHATAN - JAKARTA. Teh hijau adalah salah satu jenis teh yang baik untuk kesehatan tubuh Anda. Dengan mengonsumsinya secara teratur, ada banyak manfaat teh hijau yang bisa Anda dapatkan. Tentunya Anda tetap perlu mengatur porsi teh hijau yang Anda konsumsi supaya tidak berlebihan.

A Sweet Pea Chef (asweetpeachef.com) mengatakan bahwa teh hijau memiliki proses oksidasi yang lebih sedikit. Jadi, manfaat yang berasal dari jenis teh itu menjadi lebih banyak. Namun, Anda perlu memerhatikan jumlah teh hijau yang Anda konsumsi.

Jika Anda terlalu banyak mengonsumsi teh hijau, bisa jadi muncul efek samping yang tidak Anda inginkan. Misalnya, sakit kepala, dehidrasi, dan sakit perut. Maka dari itu, cobalah untuk mengatur asupan teh hijau supaya manfaat-manfaat ini bisa Anda dapat.

Mengatasi Penyakit Jantung

Manfaat teh hijau selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah jenis teh itu mampu mengatasi penyakit jantung. Kandungan dalam teh hijau mampu menurunkan jumlah kolesterol dalam tubuh. Saat jumlah kolesterol lebih terkontrol, risiko stroke dan tekanan darah tinggi berkurang sehingga baik untuk kesehatan jantung Anda.

Baca Juga: Buah-Buah yang Efektif Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Melawan Kanker

Tahukah Anda bahwa teh hijau berguna untuk melawan pertumbuhan sel kanker? Ada banyak jenis kanker yang bisa diatasi dengan teh hijau. Meski demikian, Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter mengenai hal itu. Tujuannya untuk menghindari munculnya efek samping. Apalagi jika Anda mengonsumsi jenis obat tertentu.

Mencegah Pengeroposan Tulang

A Sweet Pea Chef mengatakan bahwa teh hijau berguna untuk mencegah pengeroposan tulang. Dengan mengonsumsi teh hijau secara rutin, kondisi tulang Anda akan semakin kuat dan risiko penyakit osteoporosis pun berkurang.

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Salah satu manfaat teh hijau adalah menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Manfaat teh hijau berikutnya adalah menjaga kesehatan gigi dan mulut. Katekin yang terdapat dalam teh hijau berperan sebagai antibakteri sehingga risiko penyakit gigi dan mulut bisa berkurang. Selain mengonsumsi teh hijau secara langsung, cobalah untuk memakai produk perawatan gigi dan mulut yang mengandung teh hijau.

Baca Juga: 5 Opsi Bahan Alami yang Jadi Obat Herbal Kolesterol

Menjaga Kesehatan Kulit

Jika Anda rutin minum teh hijau, berbagai macam masalah kulit bisa teratasi dengan baik. Misalnya, lingkar hitam di bawah mata, jerawat, tanda-tanda penuaan, dan lain sebagainya. Selain diminum, Anda juga bisa mengolah teh hijau menjadi masker wajah.

Menurunkan Berat Badan

Jika Anda mencari cara menurunkan berat badan, cobalah untuk mengonsumsi teh hijau secara rutin. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi teh hijau dapat mengurangi berat badan dan ukuran lingkar pinggang Anda.

Kandungan dalam teh hijau mampu mempercepat proses metabolisme dalam tubuh sehingga pembakaran lemak pun meningkat. Hal itu juga jadi tanda bahwa aliran darah dalam tubuh lancar dan kesehatan sistem pencernaan terjaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru