CLOSE [X]

Jadi Obat Anemia, Simak 6 Khasiat Daun Kelor Ini, Yuk

Kamis, 13 Januari 2022 | 10:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Jadi Obat Anemia, Simak 6 Khasiat Daun Kelor Ini, Yuk


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apakah Anda gemar mengonsumsi daun kelor? Ternyata, ada banyak khasiat daun kelor yang bisa Anda dapat, lho. Tentu saja Anda perlu mengonsumsinya secara teratur supaya manfaat-manfaatnya bisa terasa di tubuh Anda.

Antioksidan dibutuhkan tubuh untuk melawan radikal bebas. Dengan mengonsumsi daun kelor secara rutin, berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas bisa Anda hindari. Cara mengonsumsi daun kelor juga mudah.

Anda bisa mengonsumsinya dalam keadaan mentah, memasaknya dulu, atau mengonsumsinya dalam bentuk bubuk atau kapsul. Namun, jangan lupa untuk melakukan konsultasi dulu dengan dokter, ya. Dengan begitu, manfaat-manfaat ini bisa Anda dapat dengan maksimal.

Mengobati Anemia

Khasiat daun kelor lainnya cocok digunakan oleh penderita anemia atau tubuh yang kekurangan darah. Bahan alami itu mampu mencukupi kebutuhan tubuh akan zat besi, protein, dan nutrisi yang lain. Dengan begitu, jumlah darah merah dalam tubuh dapat bertambah sehingga anemia pun dapat teratasi dengan baik.

Baca Juga: Efektif Menurunkan Gula Darah, Ini Manfaat Secang untuk Kesehatan

Mencegah Kanker

Thailand Medical News (thailandmedical.news) mengatakan bahwa mengonsumsi daun kelor mampu mencegah pertumbuhan sel kanker. Bahkan, mengonsumsi daun kelor dapat meningkatkan efektivitas kemoterapi, salah satu cara menyembuhkan kanker.

Melindungi Liver

Selain menjaga fungsi ginjal, khasiat daun kelor yang lain adalah melindungi liver. Nutrisi yang terkandung dalam daun kelor efektif meningkatkan fungsi liver, seperti menyaring zat racun dalam darah, mengatur metabolisme lemak, dan lain sebagainya.

Menjaga Ginjal

Salah satu khasiat daun kelor adalah menjaga kesehatan ginjal.

Ginjal adalah salah satu organ dalam tubuh yang memegang peranan penting. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan supaya fungsi ginjal tetap terjaga adalah dengan mengonsumsi daun kelor secara rutin. Kalsium oksalat dalam daun kelor tidak larut dalam air sehingga risiko batu ginjal bisa Anda hindari.

Baca Juga: Bisa Menurunkan Kolesterol Jahat, Ini Manfaat Bawang Bombai untuk Kesehatan

Meredakan Peradangan

Peradangan atau inflamasi terjadi ketika tubuh berusaha melawan infeksi. Hal itu memang normal terjadi, tapi bukan berarti Anda bisa membiarkannya, ya. Nah, mengonsumsi daun kelor mampu meredakan peradangan. Jadi, kondisi kesehatan Anda tidak terus memburuk.

Menjaga Kesehatan Kulit

Mengutip dari Thailand Medical News, daun kelor juga berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit Anda, lo. Vitamin dan antioksidan yang terkandung dalam daun kelor mampu menutrisi kulit secara maksimal. Tak hanya itu, daun kelor juga mampu meningkatkan produksi kolagen.

Dengan begitu, garis halus, kerutan, noda hitam, dan tanda penuaan yang lain bisa memudar. Tidak berhenti sampai di situ, antiinflamasi dan antimikroba yang terdapat dalam daun kelor mampu mencegah masalah kulit, seperti jerawat atau komedo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru