Jadi Obat Jerawat, Simak 6 Manfaat Buah Nanas Ini, Yuk

Kamis, 20 Januari 2022 | 08:56 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Jadi Obat Jerawat, Simak 6 Manfaat Buah Nanas Ini, Yuk

ILUSTRASI. Beragam manfaat buah nanas baik untuk kesehatan Anda.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain memiliki rasa yang segar, ternyata Anda juga bisa mendapat segudang manfaat buah nanas, lho. Berbagai macam nutrisi yang terkandung di dalamnya bisa membuat kesehatan tubuh Anda terjaga.

Lifehack (lifehack.org) mengatakan bahwa mengonsumsi buah nanas secara rutin dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Vitamin C yang terdapat dalam buah nanas berfungsi sebagai antioksidan yang mampu melawan serangan radikal bebas penyebab penyakit.

Selain meningkatkan sistem imun tubuh, buah nanas juga memiliki manfaat lain yang berguna untuk kesehatan tubuh Anda. Cobalah untuk mengonsumsinya secara rutin. Dengan begitu, manfaat-manfaat ini bisa Anda dapatkan.

Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Seperti yang telah dikatakan, buah nanas dipenuhi dengan antioksidan. Nah, antioksidan itu juga efektif mencegah pertumbuhan sel kanker. Menurut sebuah penelitian, enzim yang ada dalam buah nanas bisa berfungsi untuk menghilangkan pertumbuhan sel yang terganggu.

Baca Juga: 8 Minuman yang Dapat Membantu Mengurangi Gejala Asam Lambung Naik

Menurunkan Stres

Stres yang tak terkelola dengan baik dapat menyebabkan masalah kesehatan, baik fisik maupun mental. Untuk menghindari hal itu, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi nanas. Vitamin B dalam buah nanas membantu tubuh Anda untuk mengatur stres dengan lebih baik.

Meredakan Mual

Manfaat buah nanas berikutnya yang bisa Anda dapat adalah jenis buah itu bisa digunakan untuk meredakan mual. Apalagi bagi Anda yang sedang hamil. Cobalah untuk minum satu gelas jus nanas setiap pagi.

Mengobati Jerawat

Salah satu manfaat buah nanas adalah jadi obat jerawat.

Mengutip dari Lifehack, buah nanas juga bisa digunakan untuk mengobati jerawat. Manfaat buah nanas itu berasal dari kandungan vitamin C dan enzim lain yang berperan sebagai antiinflamasi. Selain mengonsumsinya, Anda juga bisa menggunakan buah nanas dalam bentuk masker.

Cobalah untuk mengkombinasikan buah nanas dengan kunyit. Akan lebih baik jika Anda melakukan uji coba terlebih dahulu. Jika tidak ada reaksi alergi yang muncul di kulit, maka Anda bisa melanjutkan pemakaian.

Baca Juga: 10 Makanan Ini Efektif Menurunkan Gula Darah, Anda Bisa Jajal

Menyembuhkan Batuk

Vitamin C, antiinflamasi, dan kandungan lain dalam buah nanas efektif mengobati batuk, lho. Tak hanya itu, enzim yang terdapat di buah nanas mampu mengurangi peradangan sehingga efek batuk yang Anda rasakan bisa berkurang.

Menurunkan Tekanan Darah

Bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, cobalah untuk membiasakan diri mengonsumsi buah nanas secara rutin. Buah nanas mengandung kalium yang mampu mengendurkan pembuluh darah. Dengan begitu, aliran darah menjadi lancar sehingga tekanan darah menjadi lebih terkontrol.

Saat tekanan darah lebih teratur, risiko stroke dan penyakit jantung bisa Anda hindari. Namun, usahakan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter sebelum rutin mengonsumsi buah nanas, ya. Apalagi jika Anda sedang mengonsumsi jenis obat tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru