Jaga Kesehatan dengan 5 Makanan yang Mengandung Vitamin D Ini

Senin, 24 Januari 2022 | 14:40 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Jaga Kesehatan dengan 5 Makanan yang Mengandung Vitamin D Ini

ILUSTRASI. Kuning telur termasuk makanan yang mengandung vitamin D.


KONTAN.CO.ID - Selain dari sinar matahari, masih ada cara lain untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin D, lo. Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D secara teratur.

Mengutip dari Healthline, Anda perlu mengonsumsi minimal 20 mg vitamin D saat tubuh terpapar cukup sinar matahari. Namun, jika Anda jarang melakukan kegiatan di luar rumah, jumlah vitamin D yang perlu Anda konsumsi adalah 25 mg.

Sebelum rutin mengonsumsi beberapa jenis makanan ini, jangan lupa untuk berkonsultasi dulu dengan dokter, ya. Khususnya, bagi Anda yang memiliki kondisi kesehatan tertentu. Dengan begitu, Anda bisa mendapat dosis vitamin D yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kuning telur

Healthline merekomendasikan kuning telur sebagai sumber vitamin D yang bisa Anda konsumsi. Anda bisa memenuhi 5% kebutuhan vitamin D harian dengan mengonsumsi satu kuning telur.

Selain itu, masih banyak nutrisi penting lain yang bisa Anda dapat dari kuning telur, seperti protein dan lemak.

Baca Juga: Anda Patut Waspada, Ini 6 Penyebab Diare yang Dapat Terjadi

Minyak hati ikan

Minyak hati ikan atau cod liver oil adalah salah satu pilihan makanan yang mengandung vitamin D. Biasanya, jenis makanan itu diekstrak sehingga Anda mengonsumsinya dalam bentuk suplemen. Dalam 1 sdt minyak hati ikan, Anda bisa memenuhi 56% kebutuhan vitamin D harian.

Tidak berhenti sampai di situ, minyak hati ikan juga bisa jadi sumber vitamin A yang bagus. Namun, harap berhati-hati jika mengonsumsi minyak hati ikan. Mengonsumsi vitamin A berlebih dapat menimbulkan efek samping yang merugikan kesehatan tubuh Anda.

Salmon

Salah satu makanan yang mengandung vitamin D adalah ikan salmon.

Tahukah Anda bahwa salmon termasuk salah satu makanan yang mengandung vitamin D? 66% kebutuhan vitamin D harian dapat Anda penuhi dengan mengonsumsi 100 g salmon.

Jika Anda tertarik untuk mengonsumsi jenis ikan itu, jangan lupa untuk mengolahnya dengan cara yang sehat, ya.

Baca Juga: Kenali 4 Penyebab Kelenjar Getah Bening Bengkak

Yogurt

Anda bisa mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin D dengan mengonsumsi yogurt. Namun, bukan berarti Anda bisa bebas mengonsumsi jenis yogurt apa pun, ya.

Cobalah untuk memilih yogurt greek. Jangan lupa pula untuk tidak menambahkan pemanis tambahan dalam yogurt yang Anda makan.

Jamur

Supaya kebutuhan tubuh akan vitamin D dapat terpenuhi, cobalah untuk rutin mengonsumsi jamur. Anda perlu memerhatikan proses pertumbuhan jamur yang Anda konsumsi.

Biasanya, jamur liar memiliki kandungan vitamin D yang lebih tinggi daripada jamur yang dibudidayakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru