Jangan asal menjawab, ini cara tepat menjawab pertanyaan kelemahan dan kelebihan diri

Senin, 15 November 2021 | 16:09 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Jangan asal menjawab, ini cara tepat menjawab pertanyaan kelemahan dan kelebihan diri

ILUSTRASI. Jangan asal menjawab, ini cara tepat menjawab pertanyaan kelemahan dan kelebihan diri


TIPS & TRIK -  Jakarta. Saat mendapatkan pertanyaan untuk menceritakan ceritakan kelemahan dan kelebihan Anda, jangan memberikan jawaban secara asal tanpa mempertimbangkan kelebihan dan kelemahan diri dengan cermat. 

Saat sesi interview, recruiter ingin melihat seberapa jujur Anda dengan pertanyaan ini. Mereka juga ingin menilai seberapa jauh Anda memahami kemampuan Anda. 

Bisa dibilang pertanyaan tentang kelemahan dan kelebihan diri merupakan pertanyaan jebakan. Tidak sedikit kandidat yang takut dengan pertanyaan pertanyaan ini. 

Anda tidak perlu panik jika mendapat pertanyaan seperti ini. Yang perlu Anda ketahui adalah trik agar jawaban Anda meyakinkan untuk recruiter.

Baca Juga: 20 Kampus yang buka kuota SNMPTN 2021 terbanyak, referensi buat tahun depan

Yuk simak tips cara menjawab kelebihan dan kekurangan di bawah ini yang himpun dari www.themuse.com dan www.thebalancecareers.com

  • Jujur

Dalam sesi wawancara kerja, pastikan Anda menjawab dengan jujur semua pertanyaan. Jawablah sesuai apa yang Anda alami tanpa melebih-lebihkan. 

Pilihlah juga jawaban yang rasional. Recruiter ingin melihat seberapa jauh Anda mengenal diri sendiri. Mereka juga ingin melihat kejujuran dan bagaimana menyikapi kelemahan dan kelebihan Anda. 

  • Sampaikan menggunakan narasi

Kebanyakan peserta hanya menjawab poin-poin kelemahan dan kelebihan mereka. Jika Anda menjawab seperti ini, bagaimana recruiter bisa menilai kejujuran Anda? 

Kemas jawaban menggunakan narasi agar recruiter mudah memahami poin-poin Anda. Anda bisa menceritakan kelemahan dan kelebihan dengan pengalaman bekerja selama ini.  

Baca Juga: Relative pronoun: Pengertian, jenis, dan contoh kalimat menggunakannya

  • Fokus pada kemampuan yang sesuai

Pilihlah kelebihan yang sesuai dengan posisi yang Anda lamar. Misal Anda memilih posisi sebagai public relation. Posisi ini pas jika Anda memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. 

Begitu juga dengan kelemahan. Jangan sebutkan kelemahan Anda yang berpotensi merugikan di pekerjaan. 

Poles jawaban Anda agar kelemahan bisa menjadi kelebihan Anda. Tunjukkan juga upaya Anda untuk mengatasi kelemahan tersebut. 

  • Sampaikan secara singkat

Usahakan informasi yang Anda berikan cukup singkat tapi tetap jelas. Jika terlalu lama dan bertele-tele, recruiter akan kesulitan menangkap maksud Anda. 

Meskipun singkat, pastikan informasi yang Anda sampaikan mengandung informasi yang dicari oleh perusahaan.

  • Jangan panik

Tips menjawab kelebihan dan kelemahan yang terakhir adalah jangan panik. Memang sedikit susah, tapi dengan latihan Anda bisa lebih rileks. 

Tetap tenang saat sebelum dan saat Anda mengikuti sesi wawancara. Jangan terlalu stres dan tetap berfikir positif bisa membuat Anda lebih tenang. 

Selanjutnya: Mengenal bentuk aljabar, unsur serta operasi hitungnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru