Jelang Hari Raya Idul Adha 2022, Simak 5 Tips Memilih Hewan Kurban yang Baik

Sabtu, 09 Juli 2022 | 11:20 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Jelang Hari Raya Idul Adha 2022, Simak 5 Tips Memilih Hewan Kurban yang Baik


IDUL ADHA - Umat Islam diseluruh dunia sebentar lagi akan menyambut Hari Raya Idul Adha 2022. Biasanya Hari Raya Idul Adha identik dengan bersedekah dengan cara berkurban. Bagi Anda yang akan berkurban terdapat beberapa tips memilih hewan kurban yang perlu Anda ketahui.

Berdasarkan keputusan pemerintah Hari Raya Idul Adha akan jatuh pada hari Minggu 10 Juli 2022. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya Anda menyiapkan hewan kurban dari sekarang.

Hal tersebut dimaksudkan supaya hewan yang akan dikurbankan dalam kondisi sehat dan sesuai dengan syariat yang telah ditentukan. Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk memilih hewan kurban yang paling baik.

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha 2022

Umumnya, hewan yang dijadikan kurban harus dalam kondisi sehat dan tentunya halal sesuai dengan syariat Islam. Di Indonesia sendiri, biasanya banyak penjual hewan kurban saat menjelang Hari Raya Idul Adha. Hal tersebut terkadang membuat orang awam kebingungan untuk memilih hewan kurban.

Melansir dari laman resmi Badan Amil Zakat Nasional, simak beberapa tips memilih hewan kurban yang perlu Anda ketahui:

Hewan Ternak

Tips pertama yang perlu Anda ketahui sebelum memilih hewan kurban adalah memastikan bahwa hewan yang dibeli untuk dikurbankan adalah hewan ternak. Contohnya, seperti kambing, sapi, kerbau, domba, atau unta. Hal tersebut dikarenakan hewan ternak yang disebutkan sudah memenuhi syarat yang layak untuk dikurbankan.

Umur Hewan yang Akan Dikurban

Selain memastikan hewan ternak, Anda juga perlu mengetahui umur hewan yang akan Anda kurbankan. Pasalnya, setiap hewan kurban memiliki syarat umur yang berbeda-beda.

Contohnya kambing atau domba, untuk memenuhi syarat sebagai hewan kurban setidaknya sudah berumur minimal 1 tahun. Sedangkan sapi atau kerbau minimal sudah berumur 2 tahun. Anda bisa bertanya kepada sang penjual atau dengan mengecek gigi hewan yang akan Anda kurbankan.

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha 2022

Tidak Cacat

Seperti yang sudah dikatakan di atas, bahwa salah satu syarat hewan kurban harus dalam kondisi sehat. Oleh sebab itu, Anda jangan memilih hewan kurban dalam kondisi sakit atau bahkan cacat. 

Hewan Kurban Tidak Kurus

Tak hanya kesehatan, tips memilih hewan kurban selanjutnya yaitu dianjurkan untuk tidak memilih hewan kurban yang kurus. Pastikan hewan kurban tidak kurus, nafsu makan yang baik sehingga hewan yang akan dikurbankan dalam kondisi gemuk dan sehat.

Baca Juga: 5 Tanda-Tanda Hamil yang Perlu Anda Ketahui, Apa Saja?

Lokasi Pembelian Hewan Kurban

Selanjutnya, lokasi pembelian hewan kurban yang perlu Anda perhatikan. Pastikan Anda tidak membeli hewan kurban yang diternakan di tempat pembuangan sampah. Pasalnya, hal tersebut berisiko menyebarkan penyakit yang membahayakan bagi kesehatan saat dikonsumsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru