Kandungan Glukosa Tinggi, Catat 7 Buah yang Dihindari saat Diet Agar Berhasil

Sabtu, 24 Februari 2024 | 14:20 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Kandungan Glukosa Tinggi, Catat 7 Buah yang Dihindari saat Diet Agar Berhasil

ILUSTRASI. Catat 7 Buah yang Dihindari saat Diet Agar Berhasil


KESEHATAN - JAKARTA. Ketahui jenis buah yang dihindari saat diet dengan kandungan gula tinggi. Konsumsi buah tentu sangat baik untuk metabolisme tubuh dan pemenuhan nutrisi penting.

Saat menjalani diet, beberapa jenis buah sebaiknya dihindari atau dikonsumsi dengan bijaksana karena kandungan gula dan kalorinya yang tinggi.

Meskipun buah-buahan kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk kesehatan, konsumsi berlebihan dari beberapa jenis buah tertentu bisa mempengaruhi progres diet.

Kandungan Fruktosa, bentuk gula paling umum yang ditemukan di sebagian besar buah. Ini dapat menyebabkan penambahan berat badan jika tidak memakannya dalam jumlah terbatas.

Baca Juga: Apa Manfaat Buah Pepaya? Ada 7 Hal yang Menarik Diketahui

Daftar buah yang dihindari saat diet

Jus semangka

Alternatifnya adalah Anda memilih buah berserat tinggi yang akan membantu memperlambat pelepasan gula fruktosa. Buah dengan kandungan gula tinggi bisa saja mempengaruhi hormon rasa lapar sehingga memicu durasi rasa kenyang yang singkat.

Untuk itu ada beberapa pilihan buah yang dihindari saat diet atau bisa dibatasi dengan baik.

Intip buah yang sebaiknya dihindari atau dikonsumsi dengan batas tertentu saat diet dilansir dari Make and Beauty.

Baca Juga: 6 Penyebab Demam Berdarah Selain Nyamuk, Apa Saja?

1. Alpukat

Kandungan Kalori Tinggi: Alpukat, meskipun kaya akan lemak sehat, termasuk dalam makanan tinggi kalori. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi alpukat dengan porsi yang terkendali agar tidak melebihi jumlah kalori yang diinginkan.

2. Nanas

Kandungan Gula Tinggi: Nanas adalah buah tropis yang kaya gula, sehingga sebaiknya dikonsumsi dengan bijak, tidak lebih dari lima kali dalam seminggu. Indeks glikemik tinggi pada nanas juga perlu diperhatikan karena dapat memengaruhi kadar glukosa darah.

3. Semangka

Kandungan Kalori: Meskipun semangka memiliki kandungan air yang tinggi, buah ini juga mengandung cukup banyak gula. Sebuah cangkir semangka mengandung sekitar 250 miligram citrulline dengan nilai kalori sebanyak 46. Meskipun terdengar kecil, jumlah kalori semangka bisa menjadi signifikan jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

4. Pisang

Kandungan Karbohidrat dan Gula: Pisang mengandung karbohidrat dan gula yang cukup tinggi, sehingga konsumsi dalam jumlah banyak dapat meningkatkan kadar gula darah. Pilih pisang yang lebih matang atau porsi kecil, dan konsumsi dengan bijaksana.

5. Anggur

Gula Alami Tinggi: Anggur, baik merah maupun hijau, memiliki kandungan gula alami yang tinggi, terutama pada varietas yang lebih manis. Batasi konsumsi anggur untuk mengontrol asupan gula, terutama saat menjalani diet sehat.

6. Mangga

Kandungan Gula Tinggi: Mangga tidak hanya enak, tapi juga manis dengan porsi rata-rata mengandung lebih dari 15 gram gula. Meskipun sesekali memakan sepotong mangga mungkin tidak berbahaya, sebaiknya hindari membuat jus mangga untuk mengontrol asupan gula.

7. Kurma

Gula Alami dan Tinggi Kalori: Kurma mengandung gula alami yang tinggi dan cukup banyak kalori. Penderita diabetes disarankan mengonsumsi kurma dalam porsi kecil. Meskipun demikian, buah-buahan tetap penting dalam pola makan sehat karena kandungan serat, vitamin, dan mineralnya.

Jika Anda sedang dalam program diet, lebih baik konsentrasi pada konsumsi buah-buahan rendah gula, seperti berry (stroberi, raspberry, blueberry), apel, jeruk, kiwi, dan pepaya.

Itulah sederet daftar buah di atas Anda perlu membatasinya dan menggantikan dengan jenis buah-buahan rendah gula.

Selanjutnya: Bagi-bagi Hadiah, Danamon Umumkan Pemenang Tiga Bulanan Danamon Hadiah Beruntun

Menarik Dibaca: Perbedaan Salted Butter vs Unsalted Butter, Jenis Mentega untuk Segala Masakan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru