Ketombe di Rambut Susah Hilang? Coba Pakai 5 Bahan Ini buat Mengatasinya

Sabtu, 23 April 2022 | 10:15 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Ketombe di Rambut Susah Hilang? Coba Pakai 5 Bahan Ini buat Mengatasinya

ILUSTRASI. Ketombe di Rambut Susah Hilang? Coba Pakai 5 Bahan Ini Buat Mengatasinya.


TIPS & TRIK - Anda memiliki masalah ketombe di kepala yang susah hilang? Coba pakai bahan sederhana berikut ini untuk mengatasinya. 

Kulit kepala yang terkelupas karena sering digaruk menjadi salah satu penyebab banyaknya ketombe pada rambut. 

Kulit kering, alergi pada produk perawatan rambut, hingga jamur pada kulit kepala juga bisa menyebabkan munculnya ketombe.

Selain menggunakan produk perawatan rambut khusus untuk masalah ketombe, Anda bisa menghilangkan ketombe dengan bahan-bahan alami dan mudah ditemukan. 

Berikut rangkuman dari Healthline dan Medicalnewstoday tentang lima cara menghilangkan ketombe membandel secara alami menggunakan bahan sederhana:

Baca Juga: Daftar Prakerja Gelombang 29 di www.prakerja.go.id, Ini Tata Caranya

  • Cuka apel

Cuka apel banyak digunakan untuk masalah kecantikan seperti menghilangkan bau badan hingga mengurangi berat badan. 

Kandungan asam pada cuka apel bisa membantu mengurangi ketombe berlebihan serta menyeimbangkan pH kulit. Selain itu, kandungan asam dari cuka ini juga membantu mencegah pertumbuhan jamur. 

Cara menggunakannya cukup mudah. Campurkan satu sendok teh cuka apel dengan sampo. Anda juga bisa mencampur cuka apel dengan minyak esensial lalu menyemprotkannya langsung ke rambut. 

  • Minyak kelapa

Coconut oil atau minyak kelapa memiliki beragam khasiat salah satunya membantu menghilangkan ketombe secara alami. 

Menggunakan bahan alami ini bisa membantu melembabkan dan mencegah kulit kepala kering. Kulit kepala yang kering bisa menambah ketombe Anda.

  • Lidah buaya

Cara selanjutnya untuk menghilangkan ketombe secara alami adalah dengan aloe vera atau lidah buaya. 

Saat ini sudah banyak produk kecantikan dengan bahan baku lidah buaya. Bahan alami ini dapat membantu meredakan gejala kulit terbakar dan berbagai kondisi lainnya. 

Lidah buaya memiliki kandungan antibakteri dan anti jamur yang bisa membantu menghilangkan ketombe membandel. Bahan alami ini juga bisa membantu mencegah kerontokan rambut dan menjaga kelembapan kulit. 

Baca Juga: Jaga Anak-Anak dari Stunting, Berikut Penyebab dan Cara untuk Mencegahnya

  • Baking soda

Bahan alami ini sering dimanfaatkan untuk beragam kebutuhan terutama memasak. Baking soda bisa Anda manfaatkan untuk memutihkan gigi, menghilangkan bau badan, dan menghilangkan ketombe membandel. 

Untuk menghilangkan ketombe dengan baking soda, taruh bahan ini secara langsung saat rambut masih basah. Kemudian pijat dan usap hingga ke kulit kepala. Diamkan selama 1-2 menit lalu cuci rambut seperti biasa menggunakan sampo.  

  • Tea tree oil

Tea tree oil atau minyak pohon teh sering ditambahkan dalam lilin aroma terapi atau digunakan sebagai pengharum ruangan. Bahan ini juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan ketombe membandel secara alami. 

Caranya dengan mencampurkan beberapa tetes tea tree oil dengan sampo lalu menggunakannya untuk keramas. 

Ingat, jangan langsung mengaplikasikan bahan ini ke kulit kepala untuk menghilangkan ketombe karena akan menyebabkan peradangan.

Anda juga bisa membeli sampo yang sudah mengandung tea tree oil jika Anda kesulitan mendapatkan bahan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru