Kolesterol melonjak naik? Ini 5 wedang herbal yang ampuh menurunkan kolesterol tinggi

Kamis, 09 September 2021 | 17:05 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Kolesterol melonjak naik? Ini 5 wedang herbal yang ampuh menurunkan kolesterol tinggi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kadar kolesterol melonjak naik karena dipengaruhi banyak hal salah satunya konsumsi makanan berlemak. Ini wedang herbal yang ampuh menurunkan kolesterol tinggi. 

Kadar kolesterol tinggi berbahaya untuk kesehatan tubuh Anda. Sebab, kolesterol tinggi bisa memicu berbagai penyakit seperti jantung dan stroke. 

Baca Juga: 4 Alasan alpukat baik dikonsumsi penderita diabetes tipe II

Sekedar info, kolesterol tinggi membuat tumpukan lemak yang mengeras di dalam saluran pembuluh darah. Tumpukan lemak tersebut bisa menyumbat aliran darah di dalam tubuh.

Melansir dari buku berjudul Ramuan Lengkap Herbal Taklukkan Penyakit karya Prof H. Hembing W, kolesterol tinggi disebabkan oleh sejumlah faktor seperti, konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol tinggi, obesitas, kurang olahraga, stres, dan merokok.

Perlu Anda ketahui kolesterol tinggi bisa dicegah dengan cara mengatur pola makan, mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi, olahraga secara teratur, berhenti merokok, dan konsumsi alkohol. 

Untuk Anda yang sudah terlanjur menderita kolesterol tinggi, obat resep dokter jadi salah satu opsi untuk membuat kadar kolesterol kembali normal. 

Bila Anda tidak ingin minum obat kimia, ramuan herbal dari bahan-bahan alami bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi. 

Asal tahu saja, ada banyak bahan alami yang memiliki khasiat menurunkan kolesterol tinggi. 

Wedang herbal penurun kolesterol 

Berikut wedang herbal yang efektif menurunkan kolesterol tinggi yang bisa Anda buat sendiri di rumah.

1. Lemon dan bawang putih  

Lemon mengandung vitamin A, B1, B2, C, bioflavonoids, pektin, dan fosfor yang bermanfaat menurunkan kolesterol tinggi.  Sedangkan bawang putih mengandung alisin yang bisa meluruhkan kolesterol dan lemak dalam tubuh.  

Menggabungkan lemon dan bawang putih bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi secara signifikan bila dikonsumsi secara rutin.  

Mengutip dari Kompas.com, cara membuat minuman herbal penurun kolesterol dari kedua bahan tersebut cukup mudah.  

Anda siapkan satu cangkir jus bawang putih, dua cangkir jus lemon, satu cangkir jus jahe, dan satu cangkir cuka apel.  

Anda masukkan semua bahan ke dalam panci dan masak selama 30 menit. Setelah itu Anda dinginkan. Kemudian, Anda tambahkan dua sampai tiga cangkir madu.

Anda peras dua buah lemon segar dan potong dua siung bawang putih lalu blender sampai halus.  

Anda masukkan lemon dan bawang putih ke dalam ramuan yang sudah dimasak dan aduk rata.  

Anda pindahkan ramuan herbal tersebut ke dalam botol kaca dan masukkan di dalam kulkas.  

Anda minum ramuan herbal tersebut satu sendok makan setiap pagi sebelum makan.  Anda sebaiknya mengonsumsi ramuan herbal ini selama tiga minggu.  

2. Jahe dengan bawang putih  

Mengutip dari Sajiansedap.grid.id, bawang putih mengandung antioksidan yang bisa melancarkan aliran darah dan menjaga kesehatan jantung. Sedangkan kandungan dalam jahe bisa menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.  

Untuk membuat ramuan herbal penurun kolesterol dari Jahe dan bawnag putih cukup mudah. Anda masukkan ke dalam blender empat siung bawang putih, satu buah jahe (3cm) lalu haluskan.  

Setelah itu, Anda tambahkan delapan gelas air matang, 125 ml air lemon, dan satu cangkir madu. Anda saring ramuan herbal tersebut lalu simpan dalam botol kaca tertutup selama lima hari.  

Anda minum ramuan herbal tersebut saat perut kosong atau sebelum makan. Anda sebaiknya tidak mengonsumsi minuman ini lebih dari dua minggu. 

3. Jahe dengan madu 

Melansir dari Tribunnews.com, jahe yang dicampur dengan madu berkhasiat menurunkan kolesterol tinggi dalam darah.  

Selain itu, jahe dengan madu bisa membantu menurunkan berat badan bila dikonsumsi secara rutin dan tidak berlebihan. 

4. Wedang uwuh

Melansir dari Tribunnews.com, wedang uwuh efektif membantu menurunkan kolesterol tinggi.  

Sekedar info, wedang uwuh merupakan minuman hangat yang terbuat dari bahan-bahan herbal yakni jahe, daun cengkeh, daun kayu manis kering, daun pala kering, kayu secang, dan gula batu. 

Anda bisa membuat wedang uwuh sendiri di rumah dan membeli bahan-bahannya di pasar tradisional. 

Cara membuat minuman hangat ini cukup mudah. Anda bakar jahe lalu geprek sampai pipih. Anda masak air sampai mendidih kemudian masukkan jahe rebus sampai sarinya keluar.  

Kemudian, Anda masukkan cengkeh, daun cengkeh, daun kayu manis, daun pala, serutan kayu secang, dan gula batu.  

Anda rebus semua bahan selama 15 menit lalu dinginkan. Anda bisa menyaring atau tidak disesuaikan dengan selera. Anda minum wedang uwuh secara rutin. 

5. Sereh, jahe, dan gula merah 

Campuran sereh, jahe, dan gula merah efektif menurunkan kolesterol tinggi. Asal tahu saja, jahe bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida yang didapatkan dari makanan yang tidak sehat. 

Anda bisa memilih salah satu dari lima wedang herbal tersebut untuk dikonsumsi secara rutin. 

Baca Juga: 6 jus buah yang efektif mengontrol dan menurunkan gula darah tinggi

Selanjutnya: 6 Buah yang efektif menghilangkan gejala dan menetralkan asam lambung

 

Editor: Tri Sulistiowati
Terbaru