Konsumsi buah-buahan ini bisa membantu turunkan kolesterol

Rabu, 28 Juli 2021 | 05:15 WIB   Reporter: Kania Paramahita
Konsumsi buah-buahan ini bisa membantu turunkan kolesterol

KONTAN.CO.ID - Buah-buahan tak hanya bermanfaat untuk menjaga imun, namun juga ampuh untuk menurunkan kolesterol pada tubuh.Kadar kolesterol yang tinggi pada tubuh bisa mengakibatkan beragam penyakit jantung lo, moms.

Kalau moms sedang menjalani pengobatan untuk menurunkan kadar kolesterol, moms bisa menambahkan buah-buahan berikut untuk menunjang asupan nutrisi sehari-hari.

Dilansir dari Harvard Health Publishing, Healthline, dan ndtv.com, ada beberapa buah-buahan yang bisa moms konsumsi untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Baca Juga: Menelisik untung rugi membeli rumah lewat sistem KPR

Alpukat

Buah berdaging lembut ini memang terkenal kaya akan lemak. Namun jangan salah, lemak yang terkandung dalam alpukat justru baik untuk tubuh, lo.

Alpukat merupakan sumber antioksidan dan asam lemak tak jenuh yang dapat menurunkan risiko terkena stroke. Selain itu, kandungan tersebut dikenal dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Apel

Apel kaya akan pektin, yaitu sejenis serat larut yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol hingga 10%, dikutip dari Healthline.

Selain itu, dalam artikel di verywellhealth.com, mengonsumsi 2 sampai 3 apel sehari bisa menurunkan kadar kolesterol sebanyak 5-13%.

Buah sitrus

Buah sitrus misalnya seperti jeruk, lemon, atau jeruk nipis.

Buah sitrus mengandung hesperidin, yaitu zat yang dapat membantu mengurangi gejala hipertensi. Seperti apel, buah sitrus juga mengandung pektin yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol.

Tak hanya itu, antioksidan yang terkandung dalam buah sitrus juga mampu menurunkan risiko stroke, lo.

Baca Juga: Promo Superindo 28 Juli 2021, diskonan tengah pekan!

Buah beri

Buah beri banyak macamnya, seperti stroberi, bluberi, blackberry, dan lain-lain.

Buah beri kaya akan antioksidan dan memiliki fungsi anti-inflamasi. Kedua hal tersebut dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mencegah penyakit jantung.

Tomat

Iya, moms tidak salah baca. Tomat sebenarnya termasuk dalam kelompok buah-buahan, lo!

Buah merah yang lezat dan kaya nutrisi ini terbukti bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Dalam penelitian yang diterbitkan di US National Center for Biotechnology Information, konsumsi jus tomat selama 3 minggu bisa membantu menurunkan kadar kolesterol secara signifikan.

Nah, itu tadi buah-buahan yang disebut-sebut mampu membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Jangan lupa, selain makanan, pola hidup yang sehat seperti tidur cukup dan rajin berolahraga juga berperan untuk menjaga kesehatan.

Stay healthy!

Selanjutnya: Anak Tak Suka Makan Ikan? Coba Olahan Ini

Editor: Kania Paramahita
Terbaru