Lewat kemnaker.go.id, Ini Langkah-langkah Cara Cek Penerima BSU 2022

Kamis, 15 September 2022 | 04:36 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Lewat  kemnaker.go.id, Ini Langkah-langkah Cara Cek Penerima BSU 2022


BSU - JAKARTA. Kabar gembira bagi para pekerja yang tengah menantikan Bantuan subsidi upah (BSU) atau BLT subsidi gaji tahun 2022. Kementerian Ketenagakerjaan sudah mulai mencairkan BSU atau BLT subsidi gaji kepada sebagian pekerja atau buruh. 

Mereka yang memenuhi syarat dan memiliki rekening bank himbara akan langsung mendapatkan BSU atau BLT subsidi gaji sebesar Rp 600.000. 

Menurut Kemenaker, pencairan dana BSU atau BLT subsidi gaji kepada para pekerja atau buruh telah dimulai pada 12 September 2022. Pemerintah akan menyalurkan BSU ini secara bertahap hingga Desember mendatang. 

Bagi para pekerja yang penasaran dengan syarat dan kriteria penerima BSU atau BLT subsidi gaji tahun ini, silakan menyimak Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 10 Tahun 2022. 

Cara cek penerima BSU atau BLT subsidi gaji lewat kemnaker.go.id

Adapun bagi pekerja yang ingin mengetahui apakah dirinya terdaftar atau tidak sebagai penerima BSU atau BLT subsidi gaji, bisa melakukannya secara mandiri. Caranya mudah. Masuk saja ke laman Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), kemnaker.go.id

Ada 5 langkah mudah yang harus dilakukan untuk mengecek penerima BSU atau BLT subsidi upah di laman Kemnaker. Berikut adalah tahapannya:

Baca Juga: Syarat dan Cara Mencairkan BLT BBM 2022 di Kantor Pos

  • Pertama, mengakses situs https://kemnaker.go.id 
  • Kedua, apabila pekerja atau buruh belum memiliki akun, lakukan dulu pendaftaran diri dengan menggunakan NIK, nama lengkap, nama ibu kandung, dan informasi lainnya yang diperlukan 
  • Ketiga, nantinya pekerja atau buruh akan mendapatkan kode OTP ke nomor handphone untuk verifikasi 
  • Keempat, jika pendaftaran dinyatakan berhasil, silakan login atau masuk memakai akun yang telah didaftarkan 
  • Kelima, silakan melengkapi profil biodata diri berupa foto profil, status pernikahan, tipe lokasi, dan informasi lainnya

Baca Juga: 2 Cara Cek BSU 2022 melalui Kemnaker.go.id dan Bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id

Itulah lima tahapan cara pengecekan penerima BSU 2022. Apabila pekerja atau buruh terdaftar sebagai penerima BSU atau BLT subsidi gaji, Anda akan mendapatkan notifikasi seperti berikut: 

"Hai, Anda telah terdaftar sebagai calon penerima BSU 2022. Mohon bersabar menunggu informasi selanjutnya" 

Setelah itu, pekerja atau buruh akan melalui proses verifikasi ulang. Jika dinyatakan lolos, maka pekerja atau buruh akan ditetapkan sebagai penerima BSU. Langkah selanjutnya adalah menunggu penyaluran dana BSU 2022 dan mengecek rekening masing-masing.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru