Manfaat kulit telur untuk kesehatan dan cara yang benar mengolahnya

Sabtu, 27 November 2021 | 04:51 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Manfaat kulit telur untuk kesehatan dan cara yang benar mengolahnya

ILUSTRASI. Manfaat kulit telur untuk kesehatan dan cara yang benar mengolahnya. KONTAN/Baihaki/22/07/2021


TIPS & TRIK -  Banyak yang mungkin belum tahu jika kulit telur memiliki beragam manfaat tidak hanya pada tanaman atau kerajinan saja, tetapi juga untuk kesehatan. Untuk mengolah bagian terluar dari telur ini pun cukup mudah. 

Telur merupakan salah satu sumber protein hewani yang mengandung banyak sekali nutrisi. Tidak hanya bagian kuning dan putih telur saja, cangkang atau kulit telur juga mengandung segudang manfaat. 

Jika selama ini cangkang tersebut hanya menjadi sampah, sekarang Anda bisa mengolahnya untuk dijadikan masker hingga mengatasi keluhan penyakit sendi. 

Bagaimana cara mengolah kulit telur dan manfaatnya? Berikut ini rangkuman dari Instagram Dinas Pendidikan Jawa Barat (Disdik Jabar).

Baca Juga: 15 Universitas yang punya program studi paling banyak di Indonesia versi PDDikti

Cara mengolah kulit telur

Agar lebih mudah digunakan, Anda perlu mengolah kulit telur terlebih dahulu. Mengolah cangkang telur memerlukan waktu cukup lama, namun akan mempermudah Anda saat menggunakannya. 

Pertama rebus cangkang agar bakteri yang menempel di luar dan di dalam cangkang hilang. Setelahnya, panggang kulit telur dalam oven bersuhu 200 Fahrenheit atau 93 Celcius selama 10-15 menit. 

Setelah dipanggang, tumbuk halus atau blender cangkang telur hingga berbentuk seperti bubuk. Jika masih ragu akan kebersihan bubuk kulit telur yang sudah dibuat, Anda bisa membeli suplemen kulit telur di toko kesehatan.

Manfaat kulit telur

Setelah mengetahui cara mengolah kulit telur, Anda juga perlu tahu manfaat apa saja yang bisa didapat dengan memanfaatkan bagian terluar telur ini. Apa saja? berikut ini manfaat dari kulit telur.

1. Mencukupi kebutuhan kalsium 

Kulit telur mengandung kalsium yang cukup tinggi dan mudah diserap tubuh. Jika dibandingkan dengan suplemen, kalsium dalam kulit telur lebih cepat diserap oleh tubuh kita. 

Kalsium sangat dibutuhkan oleh tubuh terutama untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi, membantu jantung memompa darah ke seluruh tubuh, dan mengatur detak jantung. 

Baca Juga: 6 Jenis kayu eksotis khas Indonesia, bukan cuman kayu jati dan kayu meranti

2. Mencerahkan wajah

Ada banyak produk kecantikan yang menjamin wajah bisa menjadi lebih cerah setelah menggunakannya. Tahukah Anda jika cangkang telur juga bisa membuat wajah lebih glowing?

Anda cukup mencampur satu putih telur dengan bubuk kulit telur. Aduk campuran tersebut hingga rata lalu oleskan ke wajah. 

Tunggu hingga kering dan bilas dengan air hingga bersih. Masker sederhana dari kulit telur ini bisa membantu kulit menjadi lebih cerah dan sehat. 

3. Mengatasi nyeri sendi

Nyeri sendi merupakan salah satu penyakit pada sistem gerak yang sering dialami oleh orang yang sudah berumur. 

Untuk mengatasi penyakit ini, Anda bisa memanfaatkan cangkang telur. Anda mungkin penasaran kulit telur mengandung apa sehingga bisa membantu mengatasi penyakit sendi. 

Bagian terluar telur ini mengandung nutrisi seperti kolagen, kondroitin, glukosamin, dan asam hyaluronik yang bisa membantu meningkatkan kesehatan sendi Anda. 

4. Menyembuhkan infeksi kulit

Manfaat dari kulit telur selanjutnya adalah menyembuhkan infeksi pada kulit. Luka atau iritasi kulit bisa disembuhkan dengan menggunakan bubuk kulit telur.

Caranya cukup dengan mencampurkan secangkir cuka apel dengan bubuk kulit telur kemudian diamkan beberapa jam. 

Selanjutnya, oleskan campuran kulit telur ini pada luka atau iritasi kulit lainnya. Kemudian diamkan beberapa menit dan luka akan membaik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru