CLOSE [X]

Mengupas Khasiat Kulit Lemon yang Bikin Kagum, Jangan Ragu untuk Mencoba!

Sabtu, 04 November 2023 | 05:30 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Mengupas Khasiat Kulit Lemon yang Bikin Kagum, Jangan Ragu untuk Mencoba!

ILUSTRASI. Kulit lemon mengandung vitamin C yang tinggi, pektin, kalsium, potasium, serat, AHAsi, dan flavonoid seperti d-limonene.


MANFAAT KULIT LEMON - Dibuang sayang. Jika Anda termasuk orang yang membuang kulit lemon setelah memeras sarinya, bersiaplah untuk kabar mengejutkan. 

Anda telah kehilangan segudang manfaat kulit lemon. Pasalnya, kulit lemon lebih padat nutrisi dibandingkan lemon. 

Manfaat kulit lemon sangat beragam. Kulit lemon mengandung vitamin C yang tinggi, pektin, kalsium, potasium, serat, AHAsi, dan flavonoid seperti d-limonene.

Penelitian menunjukkan bahwa kulit lemon dapat membantu menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan tulang, kulit, dan jantung, serta meningkatkan kebersihan mulut dan sistem kekebalan tubuh. 

Berikut 7 manfaat kulit lemon seperti yang dikutip dari Stylecraze dan Pristyncare:

1. Dapat Mengobati Jerawat Serta Membantu Anti Penuaan

Kulit lemon mengandung asam askorbat dan vitamin C dalam jumlah banyak. Kulit lemon juga memiliki konsentrasi antioksidan tinggi yang membantu detoksifikasi. 

Bahan-bahan ini baik untuk kulit karena membantu menunda timbulnya kerutan, mengurangi noda, dan memperlambat proses penuaan.

Kulit lemon juga mengandung asam sitrat. Asam sitrat membantu peremajaan kulit dan pengelupasan sel kulit mati. 

Baca Juga: Ini 10 Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan Tubuh yang Menakjubkan

2. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kulit lemon dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang karena mengandung banyak vitamin C dan kalsium, yang membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang. 

Jika dikonsumsi secara rutin, juga dapat membantu mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis, inflamasi poliartritis, dan artritis reumatoid.

3. Mengobati Stres Oksidatif

Kulit lemon efektif mengurangi stres oksidatif (ketidakseimbangan antara radikal bebas dan antioksidan dalam tubuh). Kulit lemon memiliki kandungan bioflavonoid jeruk yang tinggi, yang merupakan agen yang sangat ampuh untuk mengurangi stres oksidatif dari tubuh.

4. Membasmi Racun dari dalam tubuh

Unsur racun yang ada di dalam tubuh tidak hanya dapat membuat individu menjadi lemah dari dalam tetapi juga dapat meningkatkan kecanduan atau keinginan terhadap minuman keras dan makanan berbahaya lainnya. Karena kandungan bioflavonoid jeruknya, kulit lemon dapat membantu menghilangkan unsur racun yang ada dalam tubuh secara alami.

Baca Juga: Buah dan Sayur Ini Baik Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru