Mudah, begini cara cetak kartu BPJS kesehatan online

Selasa, 30 November 2021 | 09:56 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Mudah, begini cara cetak kartu BPJS kesehatan online

ILUSTRASI. Anda bisa melakukan cetak kartu bpjs kesehatan secara mandiri.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anda bisa mengakses kartu BPJS Anda menggunakan aplikasi JKN Mobile. Namun, cetak kartu BPJS Kesehatan online juga bisa Anda lakukan sendiri. Hal itu bisa Anda lakukan supaya tidak panik ketika tidak bisa memakai handphone untuk mengakses layanan kesehatan BPJS Kesehatan.

Cetak kartu BPJS kesehatan online yang pertama adalah menggunakan website resmi BPJS Kesehatan (bpjs-kesehatan.go.id). Anda perlu melakukan login terlebih dahulu di website tersebut menggunakan alamat email dan kata sandi yang terdaftar.

Setelah berhasil masuk, pergilah ke menu cetak kartu kemudian klik Data dan Cari Data. Selanjutnya, masukkan Nomor Induk Kependudukan atau NIK. Tunggu beberapa saat sampai data kartu muncul kemudian klik Cetak Kartu.

Tidak hanya menggunakan layanan yang disediakan di website resmi, cetak kartu BPJS Kesehatan online juga bisa Anda lakukan menggunakan aplikasi Mobie JKN. Anda perlu mengunduh dan memasangnya dulu di handphone Anda kemudian login ke aplikasi tersebut.

Baca Juga: Cara mudah cairkan JHT BPJS Ketenagakerjaan dari rumah, tak pakai ribet

Di bagian bawah aplikasi, terdapat menu Kartu. Nah, pergi ke menu tersebut supaya Anda bisa mengakses kartu BPJS Kesehatan. Setelah itu, Anda bisa klik ikon kotak surat kemudian klik pilihan kirim kartu E-ID ke email.

Anda perlu membuka email untuk mengunduh kartu BPJS Kesehatan kemudian cetak atau print sesuai dengan keinginan Anda. Cara lain yang bisa Anda lakukan dan lebih mudah adalah dengan menangkap layar atau screenshot.

Baca Juga: Cara mengurus agar dapat Kartu BPJS Kesehatan yang baru, jika hilang atau rusak

Pada bagian kartu BPJS Kesehatan yang Anda buka di aplikasi Mobile JKN, Anda bisa melakukan screenshot. Hasil screenshot akan tersimpan di galeri Anda dan bisa Anda pakai meski Anda tidak memiliki koneksi internet.

Itulah beberapa cara cetak kartu BPJS Kesehatan yang bisa Anda lakukan. Jika Anda tetap mengalami kesulitan untuk melakukan langkah-langkah di atas, tak ada salahnya untuk meminta bantuan ke kantor BPJS Kesehatan yang ada di lingkungan tempat tinggal Anda.

Selanjutnya: 7 HP OPPO harga 2 jutaan terbaik 2021, lengkap dengan spesifikasinya

Editor: Belladina Biananda
Terbaru