Mudah! Cara dan Syarat Dapat Rp 300.000 BLT Minyak Goreng, Cair April 2022

Rabu, 06 April 2022 | 03:15 WIB Sumber: Kompas.com
Mudah! Cara dan Syarat Dapat Rp 300.000 BLT Minyak Goreng, Cair April 2022


BANSOS - JAKARTA. Pemerintah menggelontorkan bantuan langsung tunai (BLT) untuk menyikapi lonjakan harga minyak goreng. Tujuannya tak lain untuk meringankan beban kalangan mayarakat yang kurang mampu mencukupi kebutuhan minyak. 

Untuk memastikan BLT tersebut tepat sasaran, pemerintah memberlakukan syarat dan ketentuan masyarakat yang berhak menerima BLT. 

Bahkan, Pemerintah juga telah mendata para penerima BLT minyak goreng tersebut, yakni 20,5 juta untuk keluarga penerima BPNT dan PKH, kemudian sebanyak 2,5 juta untuk para PKL. 

Adapun mekanisme BLT nantinya akan diberkan sebesar Rp 100.000 setiap bulannya secara sekaligus dalam tiga bulan (April, Mei dan Juni). Sehingga masyarakat yang memenuhi syarat akan diberikan bantuan senilai Rp 300.000 pada bulan April 2022. 

“Saya minta Kementerian Keuangan, Kementerian Sosial, dan TNI, serta Polri berkoordinasi, agar pelaksanaan penyaluran bantuan ini berjalan dengan baik dan lancar,” ujar Presiden Joko Widodo Jumat pekan lalu. 

Baca Juga: Bersiap! Pemerintah Bakal Kucurkan BSU untuk Pekerja Bergaji di Bawah Rp 3 Juta

Syarat BLT Minyak Goreng 

Berikut syarat bagi masyarakat yang berhak menerima BLT minyak goreng, seperti dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia setkab.go.id: 

- Keluarga penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) 
- Program Keluarga Harapan (PKH) 
- Pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan makanan gorengan.  

Cara mendapatkan BLT Minyak Goreng 

Bagi yang memenuhi syarat di atas, untuk mendapatkan BLT minyak goreng ini bisa mendaftarkan diri terlebih dahulu di aplikasi Cek Bansos. Aplikasi ini bisa diunduh melalui Play Store. 

Baca Juga: Cair pada April 2022, Berikut Syarat dan Cara Cek Penerima BLT Minyak Goreng

Berikut  rincian lengkapnya: 

1. Ada bisa memulai unduh aplikasi Cek Bansos di Play Store. Agar tidak salah, Anda harus cek dengan teliti, bahwa aplikasi Cek Bansos, merupakan aplikasi yang dibuat oleh Kementerian Sosial. Jika tidak tercantum Kementerian Sosial sebagai developer aplikasinya, artinya itu bukan aplikasi resmi. 

2. Lakukan registrasi dengan mengisi nomor Kartu Keluarga, NIK, dan KTP dan tunggu data Anda terferifikasi oleh admin Kementerian Sosial. Jika Anda telah telah terverifikasi, Anda dapat mengakses menu yang adai di aplikasi Cek Bansos. 

3. Untuk mendapatkan BLT, Anda harus meng-klik daftar usulan lalu menambahkan usulan. Sebagai informasi, pemilik akun Cek Bansos bisa mendaftarkan dirinya, keluarganya orang lain, dan orang yang tidak mampu yang berada di lingkungannya. 

Itulah cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan BLT minyak goreng. 

Sebagai informasi, jika ingin mendaftarkan keluarga, maka status keluarga Anda harus berada dalam satu Kartu Keluarga. 

Selain itu, kolom yang tertera di aplikasi wajib diisi keseluruhan dengan data kependudukan yang sesuai dengan data dukcapil, serta harus sesuai dengan wilayah / daerah pengusul Kartu Keluarga (KK).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BLT Minyak Goreng Rp 300.000 Cair April 2022, Ini Cara dan Syarat Mendapatkannya"
Penulis : Kiki Safitri
Editor : Erlangga Djumena

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru